Rabu, 14 November, 2012 | Kategory : HUKUM & KRIMINAL | Internasional | Politik | Teras Hukrim | TAG : , , | Content Article

Di TTU, Mantan napi lolos seleksi PPK


images1 150x150 Di TTU, Mantan napi lolos seleksi PPKKEFAMENANU—Komisi pemilihan Umum Daerah Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur (NTT) dituding  sengaja meloloskan salah satu mantan napi menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di  Kecamatan Bikomi Nilulat.

“Setahu saya, Anggota PPK atas nama Yohanis Lake baru keluar penjara tahun lalu, waktu itu dia diancam pasal 170 dengan ancaman penjara lima tahun.” Ujar  Viktor Manbait, SH, mantan Ketua Panwas TTU di Kefamenanu, NTT, Rabu, (14/11/2012)

Menurut  Viktor, salah satu syarat menjadi anggota PPK sesuai Sesuai UU no 15 Tahun 2011 pasal 53 huruf i,  tentang penyelenggara pemilu adalah tidak dihukum penjara oleh Pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

“Tapi dalam kenyataan dia bisa  lolos masuk anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kecamatan Bikomi Nilulat.’’Kata Viktor dengan nada heran.

Menanggapi tudingan  mantan napi lolos seleksi jadi anggota PPK, pihak KPUD  yang saat itu merekrut dan menyeleksi anggota  PPK untuk wilayah itu mengakui  hal itu.

”Ya memang benar yang bersangkutan sempat masuk penjara dalam kasus penganiayaan tapi hanya berapa bulan saja jadi tidak menyalahi aturan.” Kata juru bicara KPUD Timor Tengah Utara (TTU), Dolfianus Kolo, S.Ip saat dihubungi via hanpone selulernya, rabu sore.

Ia menambahkan, sebanyak 120 anggota PPK telah dilantik tanggal 10 November 2012  bersama dengan yang bersangkutan, dari 120 anggota PPK itu sudah ditempatkan untuk mengawasi jalannya pemilu di 24 Kecamatan di Kabupaten Timor Tengah Utara.(Yulius Sallu)

Update Juga Via @deliknewscom



Berikan Komentar