Kategory : REGIONAL | TAG : | Content Article
Senin, 7 Januari, 2013

Wali Kota Gelar Rapat dengan Unsur FKPD Kota Medan

AL- Gavriel Ismail - deliknews

[nivo source="current-post" ]

Medan – Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM menggelar rapat dengan seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan di Balai Kota Medan, Senin (7/1). Rapat pertama yang digelar awal Januaru 2013 ini membahas sejumlah masalah, salah satunya terkait masalah kantibmas di Kota Medan terutama menjelang pelaksanaan Pilgubsu 2013 yang akan berlangsung 9 Mei mendatang.

Rapat ini turut dihadiri Wakil Wali Kota Drs H Dzulmi Eldin MSI, Sekda ir Syaiful Bahri, Kapolresta Medan Kombes Pol Monang Situmorang, Dandim 0201/BS Letkol Inf Hendriyadi, Kajari Medan Bambang Riawan Pribadi SH, Ketua DPRD Medan Drs Amiruddin, Kajari Belawan M Ranu Subrolto SH, Danyonmaharlal Belawan, mewakili Danlanud Soewondo Medan, Dandenpom 1/5 Medan, Kapolresta Belawan AKBP hendro Ksiwanto  dan Kepala Pengadilan Negeri Medan Erwin Mangatas Malau SH.

Dihadapan seluruh kapolsek, danramil dan Camat yang menjadi peserta dalam rapat, Wali Kota mengungkapkan pelaksanaan Pilgubsu 2013 akan membawa dampak di tengah kehidupan masyarakat menyusul tingginya suhu politik sehingga rentan timbulnya kerawanan sosial. Untuk itu dalam rapat ini diperlukan masukan-masukan dari unsur  FKPD sehingga kondisi Kota Medan tetap aman dan kondusif.

Selain masalah kantibmas, Wali Kota juga menjelaskan perlunya dilakukan penataan terhadap poster maupun baliho dari para Cagubsu/Cawagubsu. Semrawutnya pemasangan poster maupun baliho jelas sangat mengganggu estetika Kota Medan. Padahal ibukota provinsi Sumatera Utara ini ingin menjadikan 2013 sebagai Kota Berhias sekaligus upaya meraih kembali Piala Adipura. “Jika tidak ditata dengan, tentunya menghalangi upaya tersebut,” jelasnya.

Di samping itu, lanjutnya, Kota  Medan telah dipilih menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC 2012 yang akan dihadiri utusan dari 21 negara di dunia. Untuk menyambut even bertaraf internasional tersebut, tentunya wajah Kota Medan harus terlihat indah dan bersih dari sampah.

Selanjutnya Wali Kota menyampaikan kemungkinan terjadinya kemacetan yang aka n timbul menyusul dioperasikannya City Check In yang akan melayani penumpang dari Stasiun Kereta Api menuju Bandara Kualanamu dan sebaliknya. Pengoperasian itu diprediksi akan menimbulkan 7 titik kemacetan. Salah satu upaya yang akan dilakukan dengan mengajukan permintaan kepada Wakil Presiden usul pembangunan fly over atau underpass.

Tak lupa dalam kesempatan itu, Wali Kota mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada seluruh unsur FKPD Kota Medan maupun kapolsek, dandim dan camat karena telah bersinergi dengan baik sehingga Kota Medan tetap aman dan kondusif selama berlangsungnya perayaan Natal dan Tahun Baru 2013. Karena itulah dia berharap sinergitas yang telah terbangun dengan baik ini terus dipelihara dan ditingkatkan lagi. “Kalau kita bersama-sama, tidak ada yang bisa menghambat,”  paparnya

Menyikapi apa yang disampaikan Wali Kota, Kajari Medan Bambang Riawan Pribadi SH  menyarankan agar Kesbangpol Linmas Kota Medan segera melakukan rapat koordinasi dengan mengundang organisasi masyarakat (ormas) maupun LSM guna mnghindari terjadinya gesekan yang kemungkinan terjadi menyusul pelaksanaan Pilgubsu 2013.

Sementara itu Kapolresta Medan Kombes Pol Monang Situmorang minta kepada seluruh perangkat yang terkecil untuk segera mengantisipasi setiap masalah sekecil apapun yang terjadi di wilayahnya masing-masing. Dia tidak mau masalah kecil itu dibiarkan begitu saja sehingga akhirnya membesar. Tentunya ini akan sangat mengganggu kondisi kantibmas mengingat suhu politik terkait pelaksanaan Pilgubsu 2013 meningkat.

Sebagai contoh, jelas Kapolresta, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan membiarkan masalah yang terjadi di KUPJ. Jika terus dilakukan pembiaran, maka dikhawatirkan masalah akan membesar.  “Jika masalah sudah membesar, maka kita akan sulit menanganinya dan mengatasinya,” ungkap Kapolresta mengingatkan.

Untuk itu dia  minta kepala kepala lingkungan, lurah  dan camat agar tanggap dan cepat menyelesaikan persoalan sekecil apapun yang terjadi. Pihaknya dipastikan mem-back-up asalkan sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku. Di samping itu camat harus terus bersinergi dengankapolsek dan danramil dalam rangka menciptakan ketertiban dan keamanan kamtibmas di lingkunganya masing-masing.

Terkait dengan kemacetan lalu-lintas,  Kapolresta sudah mengistruksikan kepada Kasatlantas Polresta Medan untuk bertindak tegas terhadap setiap pelaku pelanggaran. Ketidaktaatan akan peraturan ini memicu terjadinya kemacetan lalu-lintas. Kemudian minta agar pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jalan ditata agar tidak memakan badan jalan. Selanjutnya minta pengaturan angka traffic light  ditata dan disesuaikan dengan volume kenderaan.

Sedangkan Dandim 0201/BS Letkol Inf  Hendriyadi dan Danyanmaharlal Belawan menyatakan pihaknya siap memberikan bantuan kepada pemerintah darah dalam hal ini pemko Medan ada aparat kepolisian dalam upaya menjaga kemanan kantibmas terkait dengan pelaksanaan Pilgubsu sampai pasca Pilgubsu 2013.

Sebagai penutup Ketua PN Medan Erwin Magatas Malau SH memberikan solusi, Bagian Hukum Kota Medan untuk memberikan  sosialisasi  tentang hukum kepada masyarakat. Sebab, ia menilai tingkat kesadaran hukum masyarakat saat ini berkurang. Terbukti volume perkara yang ditangani PN Medan  semakin bertambah. Hal ini menunjuk,kan ada permasalahan sosial yang terjadi di tengah masyarakat. “Untuk itu Bagian Hukum di Pemko Medan harus  melakukan sosialisasi hukum kepada masyarakat dan PN Medan siap membantunya,” ujar  Erwin.

Setelah mendengar seluruh masukan dan saran dalam rapat, Wali kota selanjutnya mengambil solusi yang harus dilakukan. Dia memerintahkan Sekda Ir Syaiful bahri untuk mengambil masalah KUPJ dan harus menyelesaikannya. Kemudian, Dishub Medan harus berkoordinasi dengan Satlantal Polresta Medan untuk melakukan rekayasa lalu- lintas, terutama pengaturan angka traffick light. Serta membenahi rambu-rambu lalu-lintas  yang rusak.

Kepada Dinas Bina Marga Kota Medan, Wali Kota memrerintahkan mulai besok (hari ini) membaguskan jalan di perlintasan kereta api sehingga kenderaan yang melintasi dapat berjalan dengan lancar. Kasatpol PP diminta untuk menertibkan pedagang kaki lima di Pasar Tradisional Sei Sikamabing dan jalan Dr Mansyur yang berjualan  di badan jalan. Selanjutnya, banjir yang acap terjadi dan menimpa warga yang tinggal di pinggiran Sungai Deli  mulai Kelurahan Sei  Mati sampai Kampung Aur harus dicarikan solusi mengatasinya. (rik)