Kategory : REGIONAL | TAG : | Content Article
Rabu, 9 Januari, 2013

Hari ini , Warga Pamekasan Pilih Bupati Baru

AL- Gavriel Ismail - deliknews

Pilkada pamekasan 300x200 Hari ini , Warga Pamekasan Pilih Bupati BaruPamekasan –  Rabu (9/1) Sebanyak 642.808 pemilih akan menentukan siapa Bupati Pamekasan dalam periode lima tahun yang akan datang, Ini  dilakukan di 1582 tempat pemungutan suara (TPS).

“Hari ini, mulai pagi pukul 07.00 pagi tadi proses pencoblosan dimulai serentak diseluruh TPS,” kata Sayekti Anggota KPUD Pamekasan. Dalam pilkada kali ini, tiga pasang calon bertarung yaitu pasangan nomor urut 1, Al Anwari-Holil (AHO) didukung Partai Republikan (1 kursi parlemen) dan 15 parpol non-parleman.

Sedangkan pasangan nomor urut 2, Khalilurrahman-Muhammad Masduki (KOMPAK) yang didukung Demokrat (5 kursi), PPP (8 kursi), PAN (4 kursi), PKS (1 kursi) dan Partai Hanura. Sementara pansangan nomor urut 3, Achmad Syafii-Kholil Asyari (ASRI) yang diusung PKB (5 kursi), PBB (5 kursi), Partai Golkar (5 kursi), Gerindra (2 kursi), PBR (3 kursi), PDIP (2 kursi) dan PKNU (4 kursi).

Sesuai tahapan, seluruh proses pencoblosan akan ditutup pada pukul 13.00 siang nanti. Setelah itu, langsung dilakukan proses penghitungan suara manual di seluruh TPS. Rekapitulasi di tingkat PPS atau desa dilakukan pada tanggal 10 Januari, dan rekapitulasi di tingkat PPK atau Kecamatan dilakukan pada 11 Januari. “Rekapitulasi final di KPU pada tanggal 12 Januari sekaligus pleno penetapan pemenang pilkada,” kata Sayekti.

Sekadar diketahui, proses pilkada di Pamekasan ini sempat diwarnai dengan pemecatan lima anggota KPU Pamekasan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu.

Pemecatan ini adalah imbas dari pencoretan yang dilakukan KPU terhadap pasangan nomor urut 3 yaitu Achmad Syafii-Halil (ASRI). Pencoretan dilakukan KPU, hanya karena perbedaan nama pada Halil, sedangkan nama sebenarnya adalah Kholil Asyari. Padahal keputusan Pengadilan Negeri Pamekasan jelas menyatakan bahwa nama Halil dan Kholil Asyari orangnya adalah sama.

Akibat pemecatan ini, KPU Jatim terpaksa mengambil alih seluruh tahapan pilkada di Pamekasan. Tak hanya itu, KPU Jatim juga harus mengambil alih seluruh proses tahapan pemilu di Pamekasan. (fik/ss)

Update Juga Via @deliknewscom













Get our toolbar!