Kategory : SUMUT | TAG : | Content Article
Jumat, 8 Februari, 2013

Menakertrans : Saya Pilih Selamat,Wujudkan Budaya K3

AL- Gavriel Ismail - deliknews

Serahkan Piagam 300x201 Menakertrans : Saya Pilih Selamat,Wujudkan Budaya K3Sergai – Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Drs H.A. Muhaimin Iskandar M.Si mengatakan bahwa program ”saya pilih selamat” yang diluncurkan 16 Oktober 2012 lalu merupakan ajakan dalam meningkatkan kesadaran pentingnya keselamatan dan pentingnya berperilaku aman dalam rangka mewujudkan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Hal itu dikemukakan Menakertrans dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H.T. Erry Nuradi, M.Si pada upacara peringatan bulan K3 tahun 2013 di hadapan ratusan tenaga kerja berbagai perusahaan se-Kabupaten Sergai yang dipusatkan di lapangan PT. Socfin Indonesia Kebun Matapao Kecamatan Teluk Mengkudu, Kamis (7/2) kemarin.

Dikemukakan, program ”Saya pilih selamat” sebagai salah satu upaya mewujudkan budaya K3 di lingkungan kerja ini harus disuarakan dan didengung-dengungkan setiap hari oleh seluruh stakeholder dan elemen masyarakat. Langkah yang dapat diambil untuk menerapkan program ini melalui Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dalam lingkungan kerja masing-masing.

Sebagai bentuk komitmen dalam menerapkan SMK3 ini, Kemenakertras beserta jajarannya telah memberikan contoh kepada masyarakat dengan penandatanganan komitmen dan kebijakan penerapan SMK3. Diharapkan tidak sebatas penandatanganan saja, namun perlu diimplemetasikan dalam bentuk peran aktif dari masing-masing pihak dalam pelaksanannya.

Melalui peringatan Bulan K3 tahun 2013 ini yang merupakan tahun ke-4 Bangsa Indonesia berjuang dan bekerja secara kolektif dalam mewujudkan Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2015, Menakertrans RI menghimbau kepada para pengusaha dan tenaga kerja hendaknya lebih banyak mengambil inisiatif dalam meningkatkan budaya K3 dan dapat mengintegrasikannya pada setiap jenjang manajemen perusahaan melalui pendekatan manajemen sehingga dapat mengurangi kecelakaan kerja, menekan tingkat keparahan dan yang selalu kita dambakan bersama yakni pencapaian kecelakaan nihil (zero accident).

Bupati H.T. Erry Nuradi dalam kesempatan ini menegaskan kembali agar para pengusaha maupun para pekerja agar mengutamakan K3 dalam melaksanakan pekerjaannya. Untuk itu diminta kepada pemimpin perusahaan agar dapat memberikan Alat Pelindung Diri (APD) kepada para pekerja sesuai sifat dan jenis pekerjaannya. Dan kepada para pekerja agar menggunakan APD yang telah disiapkan demi terhindar dari kecelakaan kerja.

Selain itu Bupati Erry mengingatkan para pengusaha agar dapat membayar upah sesuai upah minimum kabupaten yang telah ditetapkan agar situasi ketenagakerjaan di Kabupaten Sergai yang harmonis dan kondusif ini tetap terpelihara.

Hadir dalam peringatan bulan K3 yang sekaligus menandai dimulainya bulan K3 tahun 2013 tingkat Kabupaten Sergai ini Wabup Sergai Ir. H. Soekirman, mewakili unsur FKPD Sergai, para Kepala SKPD Pemkab Sergai, anggota DPRD Sergai, para manajer perusahaan BUMN dan swasta, Kepala Cabang PT. Jamsostek Tanjung Morawa, unsur Muspika Teluk Mengkudu, serta tokoh-tokoh pemuda di daerah ini.

Usai upacara peringatan Bulan K3, Bupati Sergai Ir. H.T. Erry Nuradi, M.Si menyerahkan piagam penghargaan atas prestasi menerima bendera emas penerapan SMK3 dari Menakertrans yang diserahkan kepada manajer PTPN IV Persero unit usaha Pabatu, PTPN IV Persero Unit RSU Pabatu dan PTPN III Persero. Selain itu juga diserahkan piagam penghargaan zero accident 13 perusahaan yakni kepada PT. PP Lonsum Indonesia Sibulan Estate, PT. Sidodadi Kebun Sei Parit, PT. Deli Sari Murni Tapioka dan PT. Sari Tani Sumatera.

Kemudian PT. Fajar Agung Kebun, PT. PD. Paya Pinang, PT. Sulung Laut Sinar Kasih, PT. Karya Indonesia, PT. Perkebunan Sumut Kebun Sei Kari, PT. Simpang Empat Rambung Estate, PT. Bandar Sumatera Indonesia Kebun Bandar Pinang, PT. Nusa Pusaka Kencana Indonesia Kebun Bahilang dan PT. Tambira Kebun Sei Birong.

Pada kesempatan yang sama Bupati Erry Nuradi menyerahkan secara simbolis kunci rehab rumah tidak layak huni kepada 5 orang warga dan beasiswa dari PT. Jamsostek Cabang Tanjung Morawa kepada puluhan siswa anak pekerja dari beberapa perusahaan di Sergai. Selain itu Kepala Jamsostek Tanjung Morawa juga menyerahkan tong sampah kepada Pemkab Sergai yang diterima langsung oleh Bupati Ir. H. Erry Nuradi MSi. (red/od.putra)








Pojok Aspirasi Index »
Kirim Pojok Aspirasi!