Kategory : Headline | TAG : | Content Article
Selasa, 12 Maret, 2013

Polisi Amankan Kapal Tanker Bermuatan 300 KL Solar

Tomy Lasut - deliknews
Kapal Tanker 300x200 Polisi Amankan Kapal Tanker Bermuatan 300 KL Solar

Foto Ilustrasi

Bitung – Mabes Polri berhasil mengamankan kapal tanker MT Berlian Selatan GT 228 no 2590/ka 2011 Ka. No 4440/L  yang diduga mengangkut BBM ilegal jenis solar di posisi 5 mil sebelah timur Pulau Pondang Perairan Selat Makassar, Minggu (10/3) lalu.

“Kapal tersebut diamankan KP Bangau 5006 pada posisi 0 10’ 808’ lintang utara 124 23’ 209’ lintang timur sekitar pukul 13.00 WITA,” ujar Dir Pol Air Polda Sulut, Kombes Pol Mahkruzi Rahman SIK MH kepada sejumlah wartawan, Senin (11/3).

Dijelaskannya, kapal mengangkut BBM jenis solar non subsidi yang rencananya akan dipasok ke perusaahan pengeboran minyak PT Medco di Tiaka Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Saat penyelidikan terdapat berbagai jenis pelanggaran yang ditemukan petugas. “Pelanggaran migas dan pelayaran dimana kerugiannya dihitung dari muatan yang dibawa sebesar 300 KL dengan harga industri,” ucap Rahman.

Terpisah, Dargono, Kepala Kamar Mesin (KKM) MT Berlian Selatan kepada deliknews.com menjelaskan kronologis penangkapan. “Saat itu kami berada di perairan Selat Makassar dengan kecepatan 8 knot. Kemudian oleh KP Bangau 5006, kami diminta menurunkan kecepatan mesin dan setelah berhasil mendekati selanjutnya petugas Mabes Polri melakukan pemeriksaan diatas kapal,” jelas Dargono. Dari hasil pemeriksaan ditemukan sejumlah dokumen kapal yang telah kedaluarsa alias lewat masa berlaku.

“Untuk dokumen kapal tidak ada masalah yang kurang adalah izin transportir yang sudah lewat masa berlaku,” elaknya.

Kapal yang sebelumnya mengangkut solar dari Pertamina Bitung tersebut saat ini telah diamankan di dermaga Dit Polair Polda Sulut Kelurahan Tandurusa Bitung untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (REY)