Selasa, 28 Mei, 2013 | Kategory : Berita Utama | TAG : | Content Article

Soal Gugatan,Pasangan Incumbent Bolmong Utara Bohongi Rakyat


IMG 20130528 00738 210x280 Soal Gugatan,Pasangan Incumbent Bolmong Utara Bohongi RakyatBolmut -  Pemilihan kepala daerah tingkat Bupati di Kabupaten Bollang Mongondow Utara , kini menyisakan permasalahan . Pasalnya salah satu calon Bupati yakni calon petahana(Incumbent) Drs Hi Hamdan Datunsolang , terang terangan membohongi rakyat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Hal itu , terkait hasil Pemilihan Kepala Daerah, 3 pekan lalu, pada Rabu (8/5) . Dalam  sambutannya sebagai Bupati, dalam rangka HUT Kab Bolmut yang ke- 6, pada kamis (23/5) lalu , dilapangan Boroko.

Ia menyebutkan “Bahwa mereka Pasangan Hamdan Datunsolang, dan Farid Lauma (HD-FL) telah menarik gugatannya dari Mahkamah Konstitusi (MK). Dan telah memberikan selamat atas terpilihnya pasangan Depry Pontoh dan Suryansah Korompot (Depry-Syah) usungan Partai Persatuan Pembangunan (PPP)”

Ternyata ,pada  Selasa (28/5) deliknews.com di Kotamubago, mendapatkan surat gugatan dari pasangan HD-FL, yang di usung  Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera.

surat gugatan yang masih di proses itu  bernomor 651.56/PAN.MK/5/2013, perihal, panggilan sidang.

Sidang gugatan itu akan digelar pada Kamis  (30/5) besok , di ruang sidang mahkamah konstitusi, jalan medan merdeka barat nomor 6, jakarta. Sebagai acara, pemeriksaan perkara.

Dalam isi gugatannya,  Drs Hi Hamdan Datunsolang, pekerjaan, Bupati Kab Bolmut, yang berpasangan dengan Hi Farid Lauma SE, pekerjaan Anggota DPRD Provinsi Sulut, sebagai Pasangan Calon Bupati Dan Calon Wakil Bupati, Periode 2013-2018, dengan nomor urut 4 yang disebut sebagai pemohon.

Ia juga memberi kuasa kepada AH. Wakil Kamal, SH MH, Mulyadi M Phillian SH Bil MSi, Iqbal Tawakkal Pasaribu SH, Emi Agustina Mapalita SH, M Syahrul Borman SH MH, Sitti Marwiyah SH MH, Arif Mardianto SH MH, Panghiburan Balderas SH MH, advokat-advokat yang tergabung pada kantor hukum AWK & Partners, menara karya building 28th floor jalan HR Rasuna Said, blok X-5 Kav 1-2 jakarta.

HD dan teamnya  menguggat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, yang berkedudukan dijalan lingkar, kompleks perkantoran Pemda Bolmut, Boroko, Kecamatan Kaidipang , terkait hasil Pemilihan Kepala daerah.

Dalam surat pemanggilan , disebutkan “Bahwa alasan permohonan keberatan PEMOHON, didasarkan karena telah terjadi pelanggaran administrasi dan pelanggaran pidana yang besifat masif, terstruktur dan sistematis dalam proses paksanaan Pemilukada Kabupaten Bolmut, tahun 2013 yang sangat mempengaruhi hasil suara yang mengakibatkan pemilukada yang demokratis berdasarkan ketentuan hukum, dan asas Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur adil tidak tercapai sebagaimana mestinya”

Berikut Hasil Perolehan Suara Pemilihan Bupati Kabupaten Bolmong Utara Versi KPUD  :
1. Depri-Syah. 17.776 (38%)
2. Hamka-Felix. 861 (2%)
3. KB- Popo Buhang. 11.692 (25%)
4. HD-FL. 16.040 (35%)

(Zulhardman)

Update Juga Via @deliknewscom



Berikan Komentar