Kategory : Surabaya | TAG : | Content Article
Senin, 17 Juni, 2013

PT KAI Akan Berlakukan Tarif Batas Atas

AL- Gavriel Ismail - deliknews

Sumarsono Humas PT KAI Daops 8 Surabaya PT KAI Akan Berlakukan Tarif Batas AtasSurabaya – PT Kereta API Indonesia (KAI) akan menetapkan tarif Lebaran 2013 untuk KA komersial atau eksekutif jarak jauh Surabaya-Jakarta dan Malang-Jakarta dengan tarif batas atas Rp 600 000/orang.

Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya Sumarsono,  Senin (17/6) mengatakan, penetapan tarif batas atas untuk KA eksekutit diberlakukan hanya pada hari- hari tertentu seperti puncak arus mudik dan balik Lebranan saja, Sementara untuk hari hari biasa tarif batas atas untuk KA eksekutif hanya Rp 450.000/orang.

Ia menjelaskan, adanya pelayanan pemesanan tiket KA untuk Lebaran mulai H-90, membuat pembelian tiket untuk Lebaran mengalami panic buying (pembelian sporadis), terutama calon penumpang asal dan tujuan balik Jakarta.

Hal inilah membuat harga tiket KA berbagai jurusan naik hingga di tarif batas atas, berlaku sejak Mei 2013, meskipun angkutan Lebaran dimulai tanggal 29 Juli hingga 19 Agustus.

Diakuinya kebijakan penetapan Tarif Batas Atas (TBA) itu berlaku untuk tarif angkutan Lebaran. Tiket termahal untuk KA Komesial atau eksekutif mencapai Rp 600.000. Harga tersebut hanya untuk KA eksekutif tujuan jarak jauh, seperti Jakarta-Surabaya.

Salah satu contoh, harga tiket KA Eksekutif Gajayana Malang-Jakarta yang hari-hari biasa Rp 400.000 TBA menjadi sekitar Rp 600.000, KA Argo Anggrek Surabaya-Jakarta hari hari biasa TBA Rp 450 000 pada Lebaran menjadi Rp 600.000/orang dan KA ekonomi Logawa Surabaya-Purwakarta hari biasa Rp 40.000 menjadi Rp 100.000./penumpang.

Sumarsono menambahkan, penetapan tiket sudah diatur jajaran direksi. Meskipun ada rencana kenaikan harga BBM oleh pemerintah, belum ada perubahan kenaikan harga, penetapan harga tiket ditentukan TBA dan TBB yang menentukan dari pusat.

Meskipun ada penetapan harga TBA tersebut pada masa angkutan Lebaran tidak banyak membawa dampak, terutama tujuan untuk KA jurusan Jakarta-Surabaya dan sebaliknya telah habis terjual untuk pemberangkatan tanggal tertentu.

(gn)