Kategory : Berita Utama | TAG : | Content Article
Kamis, 20 Juni, 2013

Tjahjo dan Pramono, Calon Terkuat Ketua MPR-RI

AL- Gavriel Ismail - deliknews

MPR Tjahjo dan Pramono, Calon Terkuat Ketua MPR RIJakarta -Teka-teki, pengganti almarhum Taufiq Kiemas (TK) sebagai Ketua MPR RI, masih menjadi perhatian. Sejumlah nama mulai bermunculan dan dianggap pantas menggantikan Taufiq Kiemas.

Pengamat politik dari Universitas Nasional (Unas), Alfan Alfian mengatakan, Wakil Ketua DPR Pramono Anung dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tjahjo Kumolo, dinilai pantas mengemban jabatan Ketua MPR RI tersebut.

“Baik Tjahjo maupun Pramono sama-sama bagus, keduanya punya peluang untuk gantikan Pak TK,” ujar Alfian saat dihubungi wartawan, Rabu (19/6).

Selain dua tokoh senior di PDIP itu, muncul nama Ketua DPP PDIP yang juga politikus senior, Sidarto Danusubroto. Menurut Alfian, jika semangat PDIP untuk regenerasi, maka sosok Sidarto dinilai sudah terlalu tua.

“Kalau Sidarto kayaknya sudah terlalu sepuh. Kalau semangatnya regenerasi maka yang pas antara dua orang tadi (Tjahjo dan Pramono),” ungkapnya.

Namun, jika Pramono tidak bersedia, tentu yang paling pantas adalah Tjahjo Kumolo yang juga anggota Komisi I DPR RI. “Kalau Pramono tidak bersedia, maka itu berarti peluang Tjahjo yang terbesar,” tegasnya.

Sebelumnya, Pramono Anung mengatakan, pengganti almarhum Taufiq Kiemas ada di tangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Ketika disinggung kemungkinan dirinya yang akan ditunjuk Megawati, Pramono pun menjawab belum memikirkan hal itu.

“Saya terus terang enggak mikir (gantikan almarhum Taufiq Kiemas). Saya ketua tim kampanye TK,” kata Pramono di Gedung DPR .

(Snd)








Pojok Aspirasi Index ยป
Kirim Pojok Aspirasi!