Kategory : MALUT | Content Article
Kamis, 18 Juli, 2013

Pilgub Malut, Pasangan Hein Malik Menggugat Ke Mahkamah Konstitusi

Syarifuddin Paturusi - Ternate, Malut - deliknews

Calon gubernurdan Wakil gubernur Independen Malut 2013 Hein Malik 451x274 Pilgub Malut, Pasangan Hein Malik Menggugat Ke Mahkamah KonstitusiTernate- Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Maluku Utara (Malut) Hein Namotemo – Malik Ibrahim (Hein-Malik), resmi mengajukan gugatan pembatalan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malut tentang hasil akhir Pilkada Gubernur Malut 12 Juli 2013 lalu.

Gugatan ini di ajukan Ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh kuasa hukum Hein- Malik, Niskon Lalu SH,MH dan Dr Muhammad Bin Taher SH,MH.

Gugatan pasangan Calon Gubernur Hein Namotemo-Malik Ibrahim ke MK ini kemudian di ungkapkan oleh ketua pemenangan Hein-Malik. “”Kita sudah resmi daftarkan hari ini Rabu (17/7) Sore,  di MK dengan nomor register : No. 926-1/PAN.MK/VII/2013.

Beerdasarkan hasil sidang Pleno KPU Malut yang digelar pada 12 Jui 2013 lalu, yang mana dalam hasil pleno tersebut menetapkan pasangan calon Gubernur Nomor Urut 3 Ahmad Hidayat Mus-Hasan Doa (AHM-Doa) dan pasangan Nomor Urut 5 Abdul Gani Kasuba- M.Natsir Taib (AGK-Manthab) berhasil lolos dalam pemilihan putaran Ke Dua dalam Pilgub Malut.

Ketua Tim Pemenangan Hein-Malik Dino Umahuk menjelaskan,bahwa permintaan pembatalan hasil Pilkada Gubernur Malut  “Substansinya Karena pasangan calon nomor 3 AHM-Doa berkampanye menggunakan dana APBD. Pelanggaran yang dapat dikategorikan dilakukan secara masif, terstruktur dan sistematis. Selain itu, tim pemenang pasangan AHM-Doa juga tertangkap tangan money politik atau bagi-bagi uang yang melibatkan sejumlah pejabat daerah Sehingga pemilihan gubernur Malut harus dilakukan ulang,” ujar Dino Umahuk.

Menurut Dino, pasangan AHM-Doa telah menggunakan cara-cara yang bertentangan dengan hukum, sehingga pemilihan gubernu 1 Juli lalu harus diulang., “Secara hukum, ini pelanggaran prinsip. Tidak ada jalan lain, keputusan KPU harus dibatalkan dan meminta MK menyatakan Pilgub Malut diulang,” katanya.

Dino juga menambahkan, real count yang dilakukan Hein – Malik Center menunjukan perolehan suara sementara ke 6 cagub/cawagub berdasarkan pada Form C-1 dan berita acara dari TPS-TPS, pasangan Hein – Malik menempati posisi pertama dengan perolehan suara 103 (23.97) persen.
(@Arief)