Kategory : Seputar Pilkada | TAG : | Content Article
Senin, 29 Juli, 2013

Hari Ini, Nasib Khofifah-Herman di Pilgub Jatim diputuskan

AL- Gavriel Ismail - deliknews

Khofifah 0 451x232 Hari Ini, Nasib Khofifah Herman di Pilgub Jatim diputuskanJakarta – Nasib pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Inda Parawansa dan Herman S , akan diputuskan hari ini , Senin (29/7) melalui sidang yang digelar Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Jakarta.

Ketua sidang Jimly Asshiddiqie mengatakan, sidang kode etik DKPP tidak sama seperti di persidangan pada umumnya. Menurutnya, asal dalam sidang tersebut masalahnya bisa diketahui dan banyak ditemukan fakta-fakta yuridis, maka DKPP bisa langsung menyimpulkan dan memutuskan.

“Kita enggak perlu seperti pengadilan biasa yang bertele-tele, toh masalahnya jelas, asal pembuktiannya tuntas,” ucap Jimly saat sidang pertama.

Sementara itu, dua keterangan saksi ahli dari pihak pengadu, yakin Maruar Hutabarat dan Irman Putra Sidin (ahli hukum tata negara) menyimpulkan pemeriksaan materi dan penjelasan dalam fakta persidangan telah memberi keterangan kepada DKPP untuk meloloskan pasangan Khoffifah-Herman serta memberi sanksi untuk KPU provinsi Jatim.

Menurut maruar Hutabarat, dari fakta dan penjelasan dalam persidangan kode etik DKPP, baik penjelasan dari pihak pengadu dan teradu serta saksi-saksi ditemukan bukti yang cukup untuk ketua majelis dan anggotanya secepatnya memutuskan.

“Saya kira dari semua penjelasan, dan fakta-fakta yang ditemukan, saya berharap ketua sidang langsung bisa menyimpulkan maksud dari penjelasan dipersidangan ini,” kata Maruar H saat menjadi saksi ahli. ujarnya

(Jhn)

Update Juga Via @deliknewscom