Kategory : Berita Utama | EKBIS & Keuangan | NEWS SLIDE | TAG : | Content Article
Senin, 19 Agustus, 2013

Rupiah Hampir Menembus Angka Rp.11.000 per dolar AS

AL- Gavriel Ismail - deliknews

Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat Rupiah Hampir Menembus Angka Rp.11.000 per dolar ASJakarta – Nilai mata uang rupiah pada Senin sore bergerak melemah dan hampir mendekati ke posisi Rp.11.000 dengan angka pada senin sore yakni Rp.10.540/dollar AS . Hal ini terjadi seiring dengan spekulasi di pasar uang terhadap rencana Namk Sentral AS, the Fed, yang akan mengurangi stimulus keuangannya.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore bergerak melemah sebesar 160 poin menjadi Rp10.540 dibanding sebelumnya di posisi Rp10.380 per dolar AS.

“Beberapa data ekonomi AS cenderung membaik seperti pertumbuhan tenaga kerja dan manufakturnya, sehingga membuat pelaku pasar berspekulasi bahwa the Fed akan mengurangi stimulus keuangannya,” ujar analis pasar uang Bank Mandiri, Reny Eka Putri di Jakarta, Senin.

Menurut dia, kombinasi berbagai faktor selama sepekan terakhir juga belum menunjukan sentimen positif yang kuat bagi pasar uang di kawasan Asia maupun Eropa.

“Secara umum, sentimen keuangan di pasar Asia dan Eropa bergejolak sehingga dolar AS mendapatkan apresiasi di pasar keuangan global,” kata dia.

Dari dalam negeri, lanjut Reny, Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) yang masih mencatatkan defisit pada triwulan II 2013 sebesar 2,5 miliar dolar AS menjadi salah satu sentimen negatif di pasar uang.

“Secara teknikal, pergerakan indeks pada pekan ini bergerak di kisaran Rp10.400–Rp10.600 per dolar AS,” papar dia.

Kendati demikian, Reny mengatakan, Bank Indonesia (BI) tentu akan melakukan intervensi di pasar uang sehingga nilai tukar domestik sesuai dengan fundamental ekonomi Indonesia.

(Ant/Yh/Gn)

Update Juga Via @deliknewscom