Kategory : NEWS SLIDE | TECHNO & STYLE | Content Article
Rabu, 18 September, 2013

Inilah Program Digital Society yang Diterapkan di Pamekasan

mustopa - deliknews

IMG 0122 MoU Inilah Program Digital Society yang Diterapkan di PamekasanPamekasan – PT Telkom Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten Pamekasan baru-baru ini  melaunching  Pamekasan Digital Society (PaDiSo) yang bertempat di areal Monumen Arek Lancor Pamekasan.

Terpilihnya Kabupaten Pamekasan sebagai kota Pertama di Madura dan Keempat di Divisi Timur karena Pamekasan dinilai sudah siap dan mendapat dukungan penuh dari Pemkab Pamekasan.

Kakandatel Pamekasan H. Sukardiman disela-sela kesibukannya, Rabu (18/9) kepada deliknews.com menuturkan pihaknya saat ini sudah melakukan berbagai usaha untuk terus mensosialisasikan PaDiSo ke seluruh masyarakat Pamekasan.

Sukardiman mengaku, program yang di Launching tanggal 15 September lalu, bukan sekedar Seremonial belaka Namun Sudah benar – benar diterapkan dalam bentuk kegiatan nyata.

Berikut sejumlah program yang sudah diterapkan Versi Kakanditel Pamekasan :

1. Mengimplementasikan Indischool di 10 sekolah dengan target 330 hingga 2015.

2. Menerapkan Indipatner bekerja sama dengan UKM di Pamekasan agar bisa berbisnis secara Online, saat ini sudah 183 UKM yang terdaftar seperti perusahan batik, Jamu dan lainnya.

3. Menerapkan Internet Pendidikan di 800 sekolah dengan tujuan memperlancar pencairan dan Pelaporan dana Bantuan Operasional Sekolah serta target Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara Online di Pamekasan.

4. Penyediaan Fasilitas Layanan Public Free atau Berbayar di 3 Tempat di Pamekasan, yakni di Pendopo (Wifi Zone), Alun – alun (Arek Lancor Cyber Park), dan kantor Telkom Pamekasan (Free Wifi Zone), termasuk Free Wifi Zone di 5 STO yakni di pamekasan, Waru, Ketapang, Sampang, dan Omben.

5. Memberikan pelatihan Internet Gratis kepada Masyarakat Pamekasan baik Civitas Akademika, maupun Pegawai yang bertempat di Broadband Learning Center Telkom Pamekasan, saat ini sudah 1600 peserta yang dilatih dengan target 6800 peserta.

Yang paling menarik menurut Sukardiman adalah dipasangnya produk terbaru Telkom Indonesia untuk pertama kalinya di Madura, yaitu USEETV.

USEETV adalah layanan threeplay yaitu saluran telepon bisa digunakan untuk tiga aktifitas sekaligus yaitu telepon, Internet dan TV.

Kelebihannya adalah pengguna bisa melihat program yang sudah terlewat (Rewind) maksimal satu minggu atau tujuh hari yang telah terlewat. Selain itu, produk tersebut bisa memutar film – film 21 dengan fasilitas VOD (Video On Demand) dengan tarif Rp. 10.000 per tiga hari.

“Tapi saat ini, masih disimpan di kantor Sat Pol PP, karena fasilitas pendukung di Pemkab belum tersedia, namun sudah di uji coba” ungkap Sukardiman.

Lebih lanjut, sukardiman mengaku pihaknya akan memasang aplikasi CCTV di 36 lokasi di Pamekasan.

Terkait lokasi yang tidak terjangkau saluran telepon, dia mengaku akan segera dipasang Radio IP dan dalam waktu dekat akan di Pasang di kecamatan Pegantenan dan Palengaan agar bisa memperoleh akses.

“Namun sebagai project pertama akan kita bangun di Ponpes Darul Ulum Banyuanyar, itu sesuai instruksi dari Bupati untuk menjadikan Darul Ulum Banyuanyar sebagai center Of Exellent di Pamekasan” Imbuhnya.

Sementara terkait pemenuhan kebutuhan internet di Pamekasan, Sukardiman mengaku tahun lalu Telkom Sudah menggelar serat Optik di seluruh Madura, terakhir adalah penambahan di Jalur Sampang – Bangkalan. Serta penambahan kapasitas Bandwith Internet sebesar 2 Gigabytes dengan kecepatan akses High Speed dari 10 hingga 40 Mbps. Sedangkan perumahan sebesar 384 Kbps hingga 3 Mbps.

Salah satu keberhasilan Program PaDiSo ini adalah meningkatnya penggunaan Internet akses di Arek Lancor yang meningkat hingga 200%.

“Semula empat puluh user acces, sekarang seratus dua puluh user acces setiap malam”. Ungkap Sukardiman.

Sukardiman menargetkan tahun 2015 Pamekasan secara full menerapkan Aplikasi Digital Socety dan Telkom bersama Dishubkominfo Pamekasan menyediakan road map untuk menjadikan Pamekasan sebaga Digital City dan Smart City. Perlu diketahui, Digital Society adalah mahakarya Telkom Indonesia Untuk Indonesia Lebih baik.

(top/top)