Kategory : MALUT | Politik | TAG : | Content Article
Jumat, 20 September, 2013

KPUD Malut: Putaran Kedua 31 Oktober 2013

Syarifuddin Paturusi - Ternate, Malut - deliknews

ketua KPUD Mulyadi Tutupoho 232x288 KPUD Malut: Putaran Kedua 31 Oktober 2013TERNATE -Beberapa Kali masyarakat Maluku Utara (Malut) tidak mendapat kepastian Pilgub Putaran Ke-2. Walau sebelumnya berbagai keputusan Pilgub Putaran Ke-2 menuai Kontroversi. Pasalnya anggaran Pilgub Putaran Ke-2 dari Pemprov Malut belum di cairkan.

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Maluku Utara (Malut) kembali menetapkan jadwal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Malut periode 2013-2018 berlangsung 31 Oktober 2013.

Sebelumnya, KPUD Malut gagal melaksanakan tahapan pilgub Malut putaran kedua yang sudah dua kali ditetapkan sebelumnya.

KPUD Malut kembali berjanji dan menjamin tidak akan lagi ada kata penundaan pilgub Malut putaran kedua dari jadwal yang telah ditetapkan 31 Oktober 2013.

“KPUD sudah melakukan rapat dengan berbagai pihak yang terkait. Diantarnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Malut, Kepolisian Polda Malut dan Korem 152/ Babullah Ternate.” kata Ketua KPUD Malut Mulyadi Tutupoho di Ternate, Rabu (19/9/2013) petang Kemarin.

Lanjut Muliadi, Sebelumnya Jadwal Putaran Ke-2 awalnya di Jadwalkan 16 Agustus 2013 kemudian diundur lagi sehingga diputuskan 25 September 2013, namu lagi-lagi gagal dilaksanakan, karena dana pada Putaran Ke-2 belum dicairkan dari Pemprov Malut.

Muliadi mengaku, KPUD telah mengusulkan dana pilgub Malut putaran kedua senilai Rp38,5 miliar. Namun baru dicairkan oleh Pemprov Malut baru mencairkan Rp13 miliar. Sementara sisanya akan menyusul pengesahan Rancangan Angaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Malut 2013.

Menurutnya, KPUD saat ini mulai menyiapkan proses tender untuk pencetakan surat suara (SS) pilgub putaran kedua dan diharapkan bisa selesai paling lambat awal Oktober 2013, sehingga pencetakan dan pendistirbusian SS bisa dilakukan sesuai tahapan.

Pilgub Putaran Ke-2 ini di ikuti 2 pasangan Calon, diantaranya Ahmad Hidayat Mus – Hasan Doa (AHM-DOA) dan Abdul Gani Kasuba – Muhammad Nathser Thaib (AGK- Manthab). (@arief)