komputer
Maluku Utara

Ini Daftar Calon Sultan Ternate

(Foto : Elias Mahruf/Deliknews.com)

Ternate – Warga Ternate, Maluku Utara, sebentar lagi akan memiliki Sultan Ternate yang baru, pasca wafatnya Sultan Mudaffar Syah pada Februari 2015 lalu.

Menariknya, Kedua anak kembar yang diakui sebagai anak dari Boki Nita Budhi Susanti, Istri mendiang Sultan Ternate, tidak masuk dalam daftar pemilihan calon Sultan. Padahal, kedua anaknya itu sempat di kukuhkan menjadi Sultan Ternate berdasarkan surat wasiat yang kini menjadi perselisihan.

Informasi yang diperoleh dari Kesultanan Ternate, menyebutkan enam orang putra almarhum Sultan Mudafar Syah masuk dalam daftar calon Sultan Ternate yang akan dipilih melalui ritual khusus dilakukan oleh Bobato 18.

Ke enam putra Mudaffar Sjah itu, diantaranya, Nulzuludin Mudafar Syah, Firman Mudafar Syah, Samadan Mudafar Syah, Hidayat Mudafar Syah, Iskandar Julkarnain Mudafar Syah, Dan Muhamad Gajali Mudafar Syah. Sementara, Ali Mohammad Tajul Mulk Putra Mudaffar Sjah dan Gajah Mada Satria Nagara Putra Mudaffar Sjah, tidak ada dalam daftar.

“Untuk Pemelihan siapa yang menjadi seorang putra mahkota pada kesultanan Ternate, nama calon Sultan sudah berada ditangan dewan 18 atau perangkat adat kesultanan ternate, dan dalam pemilihan ini, ada beberapa kriteria yang akan di berikan perangkat adat kesultan ternate kepada keenam anak tersebut” Kata Firman Syah, salah satu anak Mudaffar sjah, kepada Deliknews.com, Minggu (31/1) di Ternate

Dikatakan, Calon Sultan Ternate itu, terkait kriteria mendasar calon Sultan yaitu merupakan anak keturunan langsung dari Sultan Mudaffar syah, maka dari 14 anak mendiang sultan ternate, hanya 6 orang anak yang masuk dalam daftar. Kata Firman.

Firman juga mengungkapkan, untuk pemilihan Sultan, semuanya diserahkan kepada perangkat adat, dan mereka yang akan menentukan siapa putra mahkota pengganti Sultan Mudaffar Sjah.

Pemilihan Sultan Ternate, kata Firman, tidak seperti pemilihan Sultan-sultan di daerah lain, ada ritual dan dalam ritual tersebut harus memiliki semacam petunjuk dari yang maha kuasa yang di lihat dari kriteria dari pada keenam orang anak yang masuk dalam daftar tersebut,baru kemudian para perangkat adat yang akan menilai dan memutuskan siapa yang akan mengantikan posisi sultan ternate. Jelas Firman.

(Els)

REKOMENDASI :

Click to comment

Copyright © 2017 - PT Delik Media Siber

To Top