Hukrim

Sidang “Sakitnya Tuh Disini” Ditunda, Saksi Ahli Tidak Hadir

​Surabaya – Sidang lanjutan ‘Sakitnya Tuh Disini’ mengenai pelanggaran HAKI digelar di Pengadilan Surabaya, berjalan tidak lama sekira 10 menit. 

Sidang yang telah di agendakan mendengarkan saksi ahli tergugat itu tidak dapat digelar karena saksi tidak menghadiri sidang. 

“Sidang ditunda pekan depan, untuk mensengarkan keterangan ahli,” kata hakim Sigit Sutriono menundah persidangan, Senin (9/01). 

Menurut tergugat, saksi ahli ini sengaja dihadirkan dipersidangan untuk memberikan keterangan yang jelas atas status dirinya dalam gugatanpenggandaan lagu ‘Sakitnya Tuh Disini’. 

“Saksi ahli itu akan meringankan diri saya sebagai tergugat, ” kata Derma Sudarma alias Akiana yang digugat. 

Diketahui, Jaksa penuntut umum Roginta Sirait dari Kejati Jatim, mendakwa Derma Sudarman alias Akiana melanggar hak cipta karena memperbanyak dan mengedarkan lagu yang dinyanyikan penyanyi aslinya Cita Citata tanpa izin dari Tan Santo Sutadi Komisaris Utama dari PT Sani Sentosa Abadi Jalan. Batu Tulis Raya No. 14-A, Jakarta Pusat selaku pemegang hak cipta dan hak edar. 

Kata Roginta Sirait, terdakwa Akiana  melakukan pembajakan dan memperbanyak lagu ‘Sakitnya Tuh Disini’ dalam bentuk keping VCD dengan menggunakan jasa Replika Cakram Optik Format VCD Karaoke bernama PT. Kencana Buana Semesta d/a Jalan  Salembaran KM 16 Komplek Pergudangan Salembaran I, Blok P No. 9 Desa Salembaran Jati Kec. Kosambi Kab. Tangerang, Banten. 

Terdakwa Akiana juga mengkompilasi sendiri lagu Cita Citata tersebut dalam bentuk dangdut Koplo dengan menggandeng pedangdut asal Surabaya Nella Karisma dalam sebuah video klip berjudul Arwana Volume 4. 

“Atas perbuatannya, terdakwa dijerat  pasal 113 ayat (4) Undang – Undang RI Nomor : 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta,” kata jaksa Roginta dalam sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Sigit Sutriono, Senin (28/11) silam.(Han/Son)

REKOMENDASI :

Click to comment

Copyright © 2017 - Deliknews Indonesia

To Top