Hukrim

Eksepsi Ditolak, Sidang Istri Gunawan Angkawidjaya Jalan Terus

​Surabaya – Trisulowati Yusuf (47) alias Chin Chin harus gigit jari. Majelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya tidak menggubris eksepsi istri Gunawan Angkawidjaya tersebut dalam sidang putusan sela. 

Terdakwa dugaan Curat (pencurian dengan pemberatan) dan Penggelapan dokumen PT Blauran Jaya Mulia (BJM) itupun harus terus mengikuti sidang sampai majelis hakim memutus perkaranya. 

“Mengadili, menyatakan eksepsi atau keberatan dari terdakwa dan penasihat hukum terdakwa tidak dapat diterima,” kata Ketua Majelis Hakim Unggul Warsomukti, Rabu (11/01). 

Majelis hakim berpendapat bahwa eksepsi perempuan beranak tiga itu memasuki ranah materi pokok perkara. Karena itu, tudingan bahwa dakwaan tidak cermat dan tidak jelas, dianggap tak berdasar. 

“Surat dakwaan penuntut umum telah menguraikan seluruh kronologis peristiwa. Pembuktian lebih jauh akan terungkap di persidangan,” papar Unggul. 

Dalam amar putusannya, Majelis Hakim menyatakan, setelah mempelajari dakwaan JPU, surat dakwaan tersebut telah memenuhi syarat materiil dalam suatu surat dakwaan, sebagaimana yang ditentukan dalam pasal 143 ayat 2 huruf b KUHAP. 

Sebelumnya, Chin Chin melalui penasehat hukumnya Pieter Talaway dalam eksepsi menyatakan keberatan lantaran dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) tidak jelas menyebutkan waktu kejadian perkara berlangsung. 

Selain itu, dakwaan juga dituding tidak jelas karena Chin Chin mengklaim masih berstatus sebagai suami sah Gunawan Angkawidjaya dan perpindahan dokumen PT BJM tersebut sengaja dilakukan karena akan dilakukan audit. 

Deliknews.com mencatat, Chin Chin dilaporkan Gunawan Angkawidjaja, suaminya, atas dugaan pencurian dengan pemberatan dan penggelapan dokumen PT Blauran Jaya Mulia. 

Chin Chin sempat ditahan di rutan Medaeng, tetapi demi alasan kemanusiaan majelis hakim yang diketuai Unggul Warsomukti kemudian mengubah statusnya menjadi tahanan kota.  (Han/Son)

REKOMENDASI :

Click to comment

Copyright © 2017 - PT Delik Media Siber

To Top