komputer
Maluku Utara

Ternate fokus bangun infrastruktur perdagangan

Ternate – Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara ( fokus dan memprioritaskan pada pembangunan infrastruktur perdagangan dan jasa di kawasan yang dianggap dapat berimplikasi pada kontribusi bagi sumber pendapatan kota setempat.

“Pemerintah Kota Ternate beberapa tahun terakhir termasuk tahun 2017 dan akan dilanjutkan pada tahun 2018 masih memprioritaskan pembangunan sejumlah infrastruktur perdagangan dan jasa,” kata Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman di Ternate, Sabtu.

Wali Kota itu memerinci, pembangunan pasar dan ruko, pembangunan pusat perbelanjaan representatif seperti Pasar Gamalama Modern dan Penataan Kawasan Kayu Merah yang diperuntukan bagi fasilitas jasa perdagangan dan fasilitas sarana olahraga berbasis ekonomi.

Dia menyebutkan, semua fasilitas strategis ini diharapkan akan berimplikasi pada kontribusi bagi sumber-sumber pendapatan baru. Selain itu akan berdampak pada tumbuhnya simpul-simpul pertumbuhan ekonomi baru dan akan tercipta keseimbangan dan pemerataan pembangunan antarkawasan.

Untuk itulah mengingat pentingnya kebijakan tersebut kami mengharapkan dukungan dewan, karena melalui kesamaan visi pembangunan sektor perdagangan dan jasa yang sesuai potensi dan karakteristik Kota Ternate maka kontribusi PAD dalam APBD akan meningkat, ujar wali kota.

Sedangkan, mengenai perhatian DPRD terhadap pengelolaan pendapatan daerah, menurut Walikota, pihaknya melakukan langkah-langkah perbaikan sistem pengelolaan, peningkatan sumber daya manusia maupun efektivitas pengawasan karena tiga komponen utama ini berpengaruh terhadap kontribusi pendapatan.

“Memang kita menyadari adanya sejumlah regulasi dan kebijakan pemerintah pusat sangat berimplikasi pada sejumlah penerimaan daerah, antara lain pada komponen pajak dan retribusi,” katanya.

Sehingga, dengan adanya pembangunan infrastruktur mulai dari penyediaan fasilitas pasar yang memadai mulai dari Pasar Gamalama hingga Pasar Bastiong bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan peningkatan PAD bagi Kota Ternate melalui retribusi.

REKOMENDASI :

Click to comment

Copyright © 2017 - PT Delik Media Siber

To Top