Jawa Timur

Berkah Dibalik HJD Tuban Ke – 724, Forkompimda Ziarah di Makam Wali

Tuban – Puncak peringatan Hari Jadi Tuban (HJD) yang ke – 724, jajaran Forkompinda Kabupaten Tuban berziarah di makam wali dan sesepuh, kemaren.

Kegiatan religi ini sebagai bentuk rasa syukur akan nikmat kesuksesan yang telah banyak diraih oleh Pemkab Tuban dan warganya. Mulai dari penyematan pada Piala Adipura, hingga kategori Kabupaten dengan desa terbaik bidang administrasi dan legislasi Pratama. Penilaian ini dilakukan pada lomba desa tanggap bencana yang penghargaannya disematkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo beberapa pekan lalu.

Banyaknya prestasi ini tidak luput dari tawadhuknya pemimpin terhadap petuah sesepuh. Serta doa berkah yang dipakai jtkan dalam ziarah yang dilakukan para petinggi. Selain semangatnya para pelaksana atau OPD Pemkab Tuban dalam melaksanakan tugas.

Dalam prosesi zaiarah dihaturkan doa dan harapan setinggi-tingginya. Agar perjalanan perahu pemerintahan yang dinahkodai Bupati Tuban, Fathul Huda ini sukses.

Bentuk penghormatan kepada leluhur seyogyanya tidak dilupakan. Sebab, bentuk kearifan yang sewajibnya terus dijaga. Sementara itu, Asisten Pemerintahan, Achman Amin Sutoyo menjelaskan bahwa ziarah ini merupakan agenda rutin dalam HJD Kabupaten Tuban setiap tahunya. Jadwal ritual tidak hanya itu. Melainkan ada juga pengajian umum, tahlil Akbar, majelis dzikir, Tuban bersalawat, khitanan massal hingga malam tirakatan.

Seluruh agenda dilakukan untuk meneruskan budaya yang diharapkan warga. Bahkan perlombaan dan pawai budaya juga ditampilkan. ” Ziarah makam leluhur ini adalah kegiatan rutin. Menjadikan diri akan pribadi yang religi, sesuai mottonya, Tuban Bumi Wali. Harapan dan doa agar lebih maju dan religi,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tuban, Fathul Huda menambahkan bahwa ziarah makam menjadikan diri dekat Sang Kholiq. Dengan mawas diri, maka semua kegiatan akan dilakukan dengan baik. Ikhlas, jujur hingga menjadi pegawai yang patut dicontoh menjadi bukti akan religinya . Sehingga sudah sepatutnya apabila kegiatan ini rutin dilakukan.

Pihaknya berharap, kedepannya, Kabupaten Tuban akan semakin maju dan memiliki masyarakat yang memiliki SDM tinggi dengan tingkat religi yang sepadan. Peningkatan sinergitas sesama PNS semakin solid. Dan hasilnya pembangunan bisa dirasakan secara menyeluruh.

“Kita hanya pelaksana saja doa dan usaha sebagai ikhtiar yang wajib dilakukan. Semoga ke depan semakin maju dan masyarakat bisa sama-sama sama merasakan pembangunan merata,” ungkapnya. 

Agenda tersebut diawali dari makam Sunan Bonang, makam Rongolawe, makam Bambang Sudjono Putro, makam Dandang Wacono, makam Sunan Bejagung Lor, makam Brawijaya, dan terakhir di makam Syeh Ibrahim Asmoro Qondi.

Selain Bupati dan Kapolres, tampak hadir dalam rombongan. Dandim Tuban, Letkol Inf Nur Wicahyanto, Wakil Bupati beserta jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), rombongan mendatangi dan menyempatkan memanjatkan do’a.  (Afi)

REKOMENDASI :

Click to comment

Copyright © 2017 - PT Delik Media Siber

To Top