Jawa Timur

Gubernur Jatim Apresiasi Sertijab Pangkotama TNI AL

Surabaya – Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo memberi apresiasi terhadap pelaksanaan serah terima jabatan (sertijab) Panglima Komando Utama atau Pangkotama TNI Angkatan Laut. Sebab, sertijab sebelumnya selalu dilakukan di pusat, namun kali ini pelaksanaannya dilakukan di daerah, dalam hal ini di Jatim.

“Ini hal yang baru, sertijab tidak dilaksanakan di Jakarta, tapi didorong ke daerah, ini menjadi sebuah kebanggaan” kata Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim saat ditemui wartawan usai menghadiri sertijab Pangkotama TNI AL di Dermaga Madura, Koarmatim, Selasa (14/11) pagi.
Pakde Karwo mengatakan, selain sebagai sebuah kebanggaan, dilaksanakannya sertijab ini juga menjadi inspirasi bagi seluruh masayrakat Jatim, khususnya para prajurit TNI untuk meningkatkan nilai-nilai kejuangan, kedisiplinan, dan loyalitas. 
Gubernur kelahiran Madiun ini menambahkan, usai sertijab dilakukan, pihaknya siap memperkuat koordinasi dengan pejabat tinggi TNI AL yang baru, yakni Pangaramatim beserta seluruh unsur Forkopimda Jatim. Koordinasi ini diperlukan karena Jatim akan menghadapi tahun politik pada 2018 mendatang.
Kasal Pimpin Sertijab Delapan Jabatan Tinggi TNI AL

Dalam kesempatan ini, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Ade Supandi, SE, M.AP memimpin jalannya upacara sertijab delapan jabatan tinggi di lingkungan TNI AL di dua tempat berbeda, yakni di Dermaga Madura Koarmatim dan di Gedung Candrasa.
Di Dermaga Madura Koarmatim, dilaksanakan sertijab jalur komando, yaitu Panglima Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) dari Laksamana Muda atau Laksda TNI Darwanto, SH, M. A.P kepada Laksma TNI Didik Setyono, SE, MM, lalu Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI AL (Seskoal) dari Laksda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, SE, MM kepada Laksma TNI Sulistiyanto, SE, MM, MSc.

Dilanjutkan sertijab Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) dari Laksda TNI I.G. Putu Wijamahaadi, SH kepada Laksda TNI Darwanto,SH, M.A.P, serta Komandan Pusat Penerbangan TNI AL (Danpuspenerbal) dari Laksma TNI Manahan Simorangkir, SE, MSc kepada Kolonel Laut (P) Dwika Tjahya Setiawan

Asrena, Kadisopstal, Kadisdikal, dan Kadislitbangal Sertijab di Gedung Candrasa

Selain di Dermaga Madura, Koarmatim, Kasal juga memimpin sertijab empat petinggi TNI AL di Gedung Candrasa. Keempatnya adalah Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasal dari Laksda TNI Tri Wahyudi Sukarno, SE, MM kepada Laksda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, SE, MM, lalu Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI AL (Kadisopslatal) dari Laksma TNI Didik Setiyono, SE, MM kepada Laksma TNI Abdul Rasyid Kacong, SE, MM,

Kemudian dilanjutkan Kepala Dinas Pendidikan TNI AL (Kadisdikal) dari Laksma TNI Sulistiyanto, SE, MM, M.Sc kepada Laksma TNI Manahan Simorangkir, SE, M.Sc, dan Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan NTI AL (Kadislitbangal) dari Laksma TNI Arief Maksum kepada Laksma TNI Moelyanto, M.Si (Han).

Menurut Kasal, Laksamana TNI Ade Supandi, SE, M.AP, sertijab di lingkungan TNI AL ini merupakan sebuah kebutuhan untuk menghasilkan kinerja organisasi yang lebih optimal. 

“Karena itu, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kerja keras para laksamana dan kolonel lakukan selama ini” katanya.

Sertijab ini dihadiri oleh para pejabat tinggi TNI, TNI AL, dan Forkopimda Jatim. Pelaksanaan sertijab dilakukan dengan upacara parade dan defile, selain itu juga dimeriahkan oleh demo Flying Pass Bonansa G36 Puspenerbal dan tari kolosal gabungan dari Jalasenastri Armatim, Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal), serta Aparatur Sipil Negara (ASN).   (hms)

REKOMENDASI :

Click to comment

Copyright © 2017 - PT Delik Media Siber

To Top