Nasional

Ini kekayaan Calon Panglima pilihan Jokowi

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan nama Kepala Staf ‎Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon pengganti Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmatyo. Hal tersebut tertuang dalam surat yang diserahkan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno kepada Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.

Berdasarkan catatan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang diakses dari laman acch.kpk.go.di, Hadi Tjahjanto pertama kali melaporkan harta kekayaannya pada, 24 Juni 2016. Saat it‎u, Hadi sedang menjabat Sekretaris Militer Presiden.

Berdasarkan catatan LHKPN terakhirnya, Mantan Kadispen TNI AU tersebut memiliki ‎total harta kekayaan sebesar Rp5.001.683.500 atau sebesar Rp5 miliar serta 60 ribu Dollar Amerika Serikat. Namun, sejak menjabat Sesmil, pria kelahiran Malang, Jawa Timur tersebut belum pernah melapor kembali ke KPK.

Sebagaimana rincian harta kekayaan Hadi sendiri terdiri dari harta yang tidak bergerak dan harta bergerak. Harta tidak bergerak yang dimiliki pejabat TNI AU bintang empat tersebut meliputi dua bidang tanah dan bangunan di Kabupaten Malang, Jawa Tengah serta sebidang tanah dan bangunan di Jakarta Selatan.

Total harta tidak bergerak Hadi pada 2014 mencapai Rp594.108.500. Sedangkan untuk harta bergerak, mantan Irjen Kementeriaan Pertahanan (Kemenhan) tersebut mencapai Rp515.700.000 meliputi, mobil merek Toyota Kijang, Kijang Innova, Honda CR-V, dan motor jenis Honda.

Selain itu, pria yang pernah terkenal setelah membongkar kasus korupsi di Kemenhan tersebut juga ‎memiliki logam mulia seharga Rp391.875.000 dan tabungan giro setara kas sebesar Rp3,5 miliar, dan 60 Ribu Dollar Amerika Serikat.

Kemudian, dalam catatannya, Hadi tidak memiliki‎ piutang serta harta di bidang perkebunan maupun pertanian. Dari hasil penotalan terakhir menjabat Sesmil Presiden, Hadi memiliki harta hingga Rp5 miliar dan 60 ribu Dollar Amerika.

REKOMENDASI :

Click to comment

Copyright © 2017 - PT Delik Media Siber

To Top