Bangka Belitung

Pemkab Bangka Tengah Fasilitasi Petani Cabai

Koba — Pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah memfasilitasi para petani di sentra produksi tanaman hortikultura cabai, Desa Trubus, Kabupaten Bangka Tengah.

Lahan yang dipersiapkan juga cukup luas, hingga mencapai 25 hektare. sementara, dari luasan lahan yang disediakan oleh Pemkab Bateng ini, rencananya masih akan terus dikembangkan lagi ke depannya.

” Luas lahan yang kita siapkan luasan sampai 25 hektare, karena disini lahan kosong juga masih banyak, masih bisa kita kembangkan lagi untuk memacu semangat para petani,” kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, seperti dikutip dari antara, Rabu, 06/12.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Pemkab Bangka Tengah, Rusli Khaidir, saat dihubungi redaksi, soal sokongan Pemkab Bateng melalui Dinas Pertanian, dalam upaya menggenjot hasil produksi di sentra holtikuktura cabai, mengatakan bahwa hasil produksi di Desa Trubus ini, diharapkan selain dapat memenuhi kebutuhan domestik sendiri, namun juga bisa dijadikan komoditas berdaya saing ekonomis tinggi bagi para petani.

” Dari kita, (Dinas Pertanian–red), turut memfasilitasi berupa pembinaan dan pendampingan, sementara bantuan pupuk, bibit, pestisida, untuk pendanaan-nya langsung berasal dari APBN dan sebagian dari Bank Indonesia,” ucap Rusli, Rabu, 06/12.

Perlu diketahui, komoditas tanaman cabai ini, belakangan harganya kadang alami fluktuatif, dan malah di beberapa kesempatan juga menghilang dari pasaran. Karena selain langka, bagi masyarakat setempat sendiri, kuliner mereka akan jadi hambar jika tak dicampur dengan cabai.

“Pemerintah melalui Dinas Pertanian tentunya terus mendukung upaya-upaya kelompok tani yang ada sekarang demi memenuhi pasokan, selain tentunya diketahui tanaman cabai memiliki nilai ekonomis tinggi,” tutup Rusli. (LH)

foto : illustrasi

REKOMENDASI :

Click to comment

Copyright © 2017 - PT Delik Media Siber

To Top