Regional

BPKP Kotabaru Gelar Sarasehan Publik Pengelolaan Air Bersih

Kotabaru – Sarasehan Publik yang di selenggarakan oleh BPKP, Pemkab Kotabaru dan Pengelola Air Bersih (PDAM) Kotabaru, Kerja Pelayanan Publik Sektor Air Bersih PDAM Rabu (6/12), bertempat di Hotel Grand Surya Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara dihadiri Wakil Bupati Kotabaru, Asisten II Pemkab Kabupaten Kotabaru, Bappeda Kotabaru, Kepala SOPD Kotabaru, PDAM Kotabaru, Camat dan Lurah serta Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, LSM dan masyarakat Kotabaru.

Wakil Bupati Ir. H. Burhanudin mewakili Bupati Kotabaru mengatakan, Selamat datang di Kotabaru kepada perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Selatan yang sudah meluangkan waktu untuk menyampaikan perkembangan PDAM di Kabupaten Kotabaru.

“Saya menyambut baik dan mengapresiasi terhadap PDAM untuk mendekatkan diri dengan pelanggan melaui acara Sarasehan Temu pelanggan pada hari ini, dan saya berharap ada masukan- masukan dan kretikan maupun keluhan yang di sampaikan dari perwakilan pelanggan dan dapat memanfaatkan program perbaikan pelayanan sesuai dengan harapan masyarakat.” ungkap Burhanudin

Ditambahkan bahwa dengan adanya masukan dari pelanggan maka dapat menjadi evaluasi bagi seluruh manageminya PDAM Kotabaru, semakin profesional dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi semua pelanggan. 

“Saya berpesan kepada PDAM Kotabaru untuk terus mengembangkan sarana dan prasarana termasuk menyediakan beberapa fasilitas pelayanan yang bisa digunakan oleh pelanggan baik dalam hal pembayaran, penyapaian keluhan, penyampaian stand meter, informasi tagihan dan informasi biaya sambung baru.” kata Burhan

PDAM Kotabaru dapat terus meningkatkan pelayanan penyediaan air bersih kepada seluruh pelanggan secara profesional sehingga seluruh masyarakat Kabupaten Kotabaru dapat menikmati akses air PDAM dengan mudah.

Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan GT. Arif mengatakan bahwa pihak PDAM Kotabaru meminta BPKP Provinsi untuk memberikan masukan dan menjelaskan sejauh mana saja kinerja PDAM Kotabaru.

“Tujuanya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti pelayanan dalam arti kualitas, kuantitas dan kontinutas PDAM, BPKP berharap kepada PDAM untuk memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat.” kata Arif

Karena air bersih ini merupakan kebutuhan pokok, mau tidak mau PDAM harus berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik meskipun itu tugas utama Pemda bukan PDAM.

Disini PDAM diberikan penekanan, pada hal ini merupakan tugasnya Pemda yang menyediakan kebutuhan air bersih dan urusan wajib Pemda. PDAM hanya operator saja, selama ini pelanggan hanya meminta pelayanan sebaik- baiknya.

Pada hal PDAM sudah berusaha untuk melakukan yang terbaik sesuai dengan kemampuan yang ada, dan kemampuannya terbatas, uang terbatas, peralatannya terbatas, SDM terbatas itupun sudah maksimal yang bisa di lakukan.

Perwakilan PDAM Kotabaru Subagio mengatakan bahwa tujuannya acara ini adalah sosialisasi kepada masyarakat, pelanggan PDAM untuk lebih mengerti dan respon tentang Pelaksanaannya, juga dengan pemerintah daerah agar tau apa kesulitan PDAM saat ini, sedangkan untuk kenaikan tarip PDAM ini kita mengusul ke Bupati.

“Untuk mendukung menaikan tarip PDAM kita sudah menyampai kepada pelanggan dari masyarakat tarip kita untuk terendah seluruh Indonesia, contoh biaya oprasionalnya kita lebih tinggi dari tarip PDAM sehingga mau tidak mau harus tarip disusaikan, kalau tarip tidak disesuaikan kita minta kepada Pemerintah Daerah untuk di subsidi.” pungkas Subagio.  (Hrp)

REKOMENDASI :

Click to comment

Copyright © 2017 - PT Delik Media Siber

To Top