Bangka Belitung

Dandim Belitung : ” Kita Harus Berdaulat Dalam Bidang Pangan”

Belitung Timur — Dandim 0414 Belitung, Letkol Kav Eko Saptono K, memberikan motivasi kepada para pemuda untuk turun kesawah bersama sama petani menanam padi, untuk mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Belitung.

Kegiatan kali ini mengambil tema “Membangun Kerjasama Antara Pemerintah, TNI dan petani serta masyarakat untuk meningkatkan produksi beras menuju swasembada pangan nasional”. Yang dalam acara tersebut, turut pula dihadiri oleh Wabup Beltim, Burhanudin, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel, Tony Batubara, Kapolres Beltim AKBP Erwin Siboro, S.Ik, serta beberapa OPD di lingkungan muspida Beltim.

Kemudian selanjutnya, acara tanam padi bersama di Beltim ini, dipusatkan di area persawahan Danau Nujau Desa Selinsing Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur. Yang dalam amanatnya, Dandim menyampaikan bahwa ketahanan pangan sangat perlu, karena kedepan sumber pangan semakin sensitif, karena berhubungan dengan kebutuhan pokok manusia untuk bertahan hidup sedangkan pertumbuhan penduduk setiap tahunnya semakin bertambah. ” Dalam hal ini pemerintah melalui Dinas pertanian telah mempersiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri sehingga kita berdaulat dibidang pangan,” kata Eko Saptono, Rabu, 06/12.

Disaat yang sama, Ia juga turut mengajak para generasi muda jangan malu dan malas untuk bekerja di bidang pertanian, karena untuk saat ini generasi tua yang sedang giat giatnya menamam padi ambil ilmunya untuk masa depanmu, karena generasi tua akan pensiun dan diganti oleh generasi sekarang ini.

Dandim juga berpesan, agar masyarakat tidak menjadi konsumtif untuk memenuhi kebutuhan hidup, sementara alam disini (Belitung Timur –red), sebenarnya mampu untuk menghasilkan kebutuhan dasar hidupnya.

“Pangan bukan asal ada uang bisa beli tapi yang diharapkan kita mampu untuk menyediakan kebutuhannya sendiri sehingga memiliki kemandirian pangan tidak menggantungkan dari wilayah lain, ” terang Perwira Melati Dua ini.

Pada tahun 2017, Provinsi Kepulauan Babel mencatat, bahwa untuk program LTT (Luas Tambah Tanam), mendapatkan apreasiasi dari pemerintah pusat. ” Diharapkan program gerakan tanam bersama ini dapat memotivasi kita semua, untuk lebih giat dalam memajukan bidang pertanian guna mendukung program pemerintah menuju swasembada pangan khususnya di wilayah Beltim ini, ” tutup Dandim. (*)

 

source : Pendim Belitung/ 0414
editor : LH

REKOMENDASI :

Click to comment

Copyright © 2017 - PT Delik Media Siber

To Top