Jawa Timur

Gubernur Jatim Hadiri HUT RSUD DR. Soetomo ke 79

Surabaya – Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo meminta RSUD Dr. Soetomo yang telah ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan nasional terus meningkatkan pelayanan. Peningkatan mutu pelayanan ini mencakup dalam hal SDM, kemajuan teknologi yang digunakan, serta pelayanan yang terstandar dan terakreditasi.
“RSUD milik provinsi ini sudah memiliki standar internasional, oleh sebab itu peningkatan mutu pelayanan harus  dilakukan agar timbul kepercayaan dari  masyarakat,” ungkap Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim pada kegiatan HUT  RSUD Dr. Soetomo ke-79 di RSUD Dr. Soetomo, Jl. Mayjend Prof. Dr. Moestopo No. 6 – 8, Gubeng, Surabaya, Jumat(08/12).

Ditambahkan, peningkatan sarana juga terus dilakukan seperti pembangunan dan perbaikan gedung serta kelengkapan peralatan  yang memadai. Semua peningkatan ini merupakan bentuk dukungan bagi RSUD Dr. Soetomo dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat. 

“Dengan fokus pada pelayanan maka akan timbul rasa aman dan nyaman baik di sisi psikomatis pasien, dokter maupun paramedis,” ujar Pakde Karwo.

Menurut Pakde Karwo, RSUD Dr. Soetomo merupakan rumah sakit yang berkonsep pendidikan paling baik. Hal ini ditunjang hubungan yang sangat baik antara semua pihak di pendidikan dengan pihak RS, sehingga banyak riset yang mampu dikembangkan. Apalagi, pihak rumah sakit juga memberikan dukungan terhadap riset dengan memberikan alokasi anggaran yang cukup besar. 

“Riset-riset yang dilakukan di rumah sakit ini semakin melengkapi Jatim sebagai rujukan pelayanan publik skala nasional,” imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan, program kesehatan merupakan salah satu unsur dari kesejahteraan masyarakat, oleh sebab itu perbaikan layanan kesehatan juga mesti dimulai dari puskesmas dan ponkesdes. Dicontohkan, jika seseorang hanya kena flu atau batuk pilek maka pengobatannya cukup di puskesmas saja dan tidak perlu ke IGD RSUD Dr. Soetomo. 

“Sistem ini harus dibangun dan ke kabupaten/kota, juga sosialisasi upaya preventif berupa budaya hidup sehat  harus terus dilakukan ke masyarakat,” tukas Pakde Karwo.

Pakde Karwo berpesan, kerja keras dan keterlibatan semua pihak rumah sakit dengan dukungan Pemprov Jatim sangat diperlukan untuk mewujudkan RSUD Dr. Soetomo lebih maju. Namun demikian, pekerjaan rumah untuk menuju pelayanan kesehatan yang bermutu masih banyak. Karenanya perencanaan mobilitas, ability, performance serta konsistensi pada time line harus dilakukan. 

“Bertepatan dengan HUT RSUD Dr. Soetomo ke 79 ini saya harapkan bisa menjadi tonggak penyemangat untuk terus membangun, melayani dengan hati, dan membesarkan rumah sakit yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Pakde Karwo yang didampingi Bude Karwo juga melakukan peresmian gedung Kidney Center, instalasi rawat jalan, gedung paliatif dan pusat nyeri, serta Pusat Pelayanan Jantung Terpadu (PPJT). Semua gedung baru tersebut berada di lingkungan RSUD Dr. Soetomo.

Untuk memeriahkan rangkaian kegiatan HUT RSUD Dr. Soetomo ke 79 itu, Pakde Karwo bersama Bude Karwo masing-masing juga menambahkan doorprize berupa sepeda motor kepada peserta jalan sehat. 

Sementara itu, Direktur RSUD Dr. Soetomo dr. H. Harsono menyampaikan, rangkaian kegiatan HUT ini telah diselenggarakan sejak Oktober lalu. Kegiatan itu diantaranya yakni gebyar mutu, donor darah, customer gathering, kampanye sutomo senyum, ramah dan bergembira, Sutomo Hospital Expo dan Riset Expo, serta jalan sehat. Kegiatan ini lanjutnya, diikuti oleh seluruh karyawan dan karyawati RSUD Dr. Soetomo.  (Hms)

REKOMENDASI :

Click to comment

Copyright © 2017 - PT Delik Media Siber

To Top