Nasional

Berencana Beli Laptop Bekas? Pertimbangkan dulu 4 Hal ini

Kredit laptop merupakan salah satu cara terbaik untuk membeli laptop dengan spesifikasi tinggi dan harga yang mahal. Tidak jarang, karena harga pasar yang masih tinggi, pilihan kredit pun seringkali jatuh pada laptop bekas daripada laptop baru. Selain lebih murah, kredit laptop bekas biasanya juga memiliki bunga cicilan yang lebih rendah.

Selain datang ke toko konvensional, kredit laptop bekas saat ini juga tersedia secara online di berbagai e-commerce seperti Bhinneka dan Bukalapak. Nggak hanya sekadar online, kredit laptop bahkan juga bisa tanpa kartu kredit dan tanpa dp, salah satunya adalah dengan Kredivo.

Dalam menyediakan layanan tersebut, merchant online biasanya akan bermitra dengan perusahaan penyedia fasilitas cicilan tanpa kartu kredit seperti Kredivo. Jadi, saat kredit laptop, kamu bisa gunakan Kredivo sebagai metode pembayaran cicilan di merchant online dengan pilihan tenor 3, 6, dan 12 bulan, dengan bunga yang rendah dibandingkan perusahaan multifinansial lainnya, yaitu hanya 2,95%.

Mulai dari pelajar hingga pekerja profesional, semua tentu butuh laptop untuk mendukung aktivitas sehari-harinya. Sebab, laptop lebih praktis dan bisa dibawa ke mana-mana, beda halnya dengan komputer PC. Namun, sebelum memutuskan kredit laptop bekas, ada baiknya kamu pertimbangkan dulu 5 hal penting berikut ini.

  1. Cek reputasi tempat atau penyedia kredit laptop

Baik kredit laptop secara online atau pun datang langsung ke toko konvensional, utamakan untuk mengecek reputasi tempat kredit laptop terlebih dahulu. Bagi kamu yang memilih kredit laptop secara online, tidak hanya reputasi merchant online namun reputasi seller juga wajib untuk dicek dengan cermat. Ini tentunya penting untuk menjamin keamanan barang, keaslian barang, hingga proses pengembalian atau refund jika barang tidak sesuai.

Untuk merchant online, pastikan bahwa alamat situs merchant memiliki awalan HTTPS. Sebab, situs dengan awalan HTTPS memiliki jaminan keamanan yang lebih baik dalam melindungi transaksi serta data konsumen. Kalau merchant memiliki aplikasi resmi, maka pastikan kamu mendownload aplikasinya dari Google Play Store atau App Store. Kamu juga bisa mengecek reputasi merchant dari berbagai ulasan dan testimoni pelanggan di media sosial atau pun laman review Google Play Store dan App Store, referensi teman, mencoba berinteraksi dengan Customer Service merchant, hingga alamat kantor yang tercatat jelas.

Begitu pula halnya dengan seller, kamu bisa cek dari rating atau bintang yang diberikan customer kepada seller, persentase keberhasilan seller dalam menjual produk, hingga mencoba berinteraksi dengan seller melalui chat,

Selain itu, penting juga untuk mencari informasi tentang perusahaan multifinansial yang bekerja sama dengan merchant dalam menyediakan fasilitas kredit instan online tanpa kartu kredit, misalnya Kredivo. Kredivo memiliki situs resmi berawalan HTTPS yang tentunya bisa kamu akses kapan saja. Selain itu, Kredivo juga memiliki aplikasi yang bisa kamu download langsung di Google Play Store atau App Store. Untuk pendaftaran akun dan kredit, kamu bisa mendaftar langsung lewat aplikasi Kredivo.

Kredivo juga telah bekerja sama dengan lebih dari 150 e-commerce yang terpercaya di Indonesia. Beberapa di antaranya yang populer adalah Blibli, Lazada, Bukalapak, JD.id, Shopee, dan Bhinneka. Transaksi dengan Kredivo juga lebih terjamin keamanannya karena semua data pribadi kamu dienkripsi. Kredivo juga bekerja sama dengan BFI Finance dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  1. Cek kisaran harga pasar

Berbeda dengan laptop baru yang harganya bisa berubah dengan cepat, harga laptop bekas cenderung lebih stabil dan jarang turun. Maka, penting bagi kamu untuk mengecek kisaran harga pasar dari laptop bekas yang ingin kamu beli dengan cara kredit laptop tanpa dp. Selain bisa mendapat harga terbaik, dengan tahu harga pasar, kamu bisa terhindar dari risiko penipuan.

Ada banyak sumber untuk mengecek kisaran harga laptop bekas, misalnya forum jual beli barang bekas, membandingkan harga di merchant online satu dengan merchant lain atau seller yang satu dengan seller lain, media online, hingga koran atau majalah.

Salah satu keuntungan kredit laptop dengan Kredivo, kamu bisa dengan mudah membandingkan harga laptop bekas di berbagai merchant online yang telah bermitra dengan Kredivo. Di dalam aplikasi, terdapat menu “Merchant” yang bisa kamu eksplor untuk mengecek harga pasar laptop yang ingin dibeli.

Kamu tidak perlu repot-repot lagi googling merchant mana yang bisa kredit laptop dengan Kredivo. Cukup masuk ke menu “Merchant”, semua daftar merchant online yang bermitra sudah tersedia. Kamu tinggal ngeklik satu persatu merchant tersebut misalnya Bukalapak, Bhinneka, Lazada, atau Blibli, lalu cari laptop yang ingin dibeli dan bandingkan harganya. Lebih praktis dan simpel!

  1. Cek spesifikasi dan kondisi hardware

Saat kredit laptop bekas secara online, tentunya kamu akan kesulitan dalam mengecek langsung kondisi hardware dan spesifikasi laptop. Ini adalah salah satu kelemahan dari jual beli online. Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa memilih Kredivo sebagai metode pembayaran kredit laptop bekas yang ingin dibeli karena dengan kredit, kamu tidak perlu membayar dulu sebelum barang tiba, sehingga lebih aman. Jadi saat barang dikirim ke alamat tujuan oleh seller, misalnya melalui jasa pengiriman JNE atau TIKI, kamu bisa langsung mengecek spesifikasi laptop serta kondisi hardware begitu barang tiba.

Cek spesifikasi dan hardware dengan cermat. Mulai dari kondisi fisik, USB Port, keyboard, kamera web, pastikan semua berfungsi dengan benar dan sesuai yang dideskripsikan oleh seller. Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah coba nyalakan laptop dan sambungkan charger. Periksa apakah charger berfungsi dengan normal, lalu perhatikan masa isi baterai laptop. Kalau waktu pengisiannya terlalu sebentar atau bahkan terlalu lama, kamu patut curiga dan bertanya kepada seller. Kecuali, jika sudah ada kesepakatan di awal perihal kondisi baterai.

Saat kondisi nyala, kamu juga harus mengecek berbagai komponen laptop, mulai dari tampilan desktop, shortcut, mengetik beberapa huruf atau angka pada keyboard, serta kondisi harddisk. Untuk mengecek harddisk, kamu bisa lakukan copy-paste beberapa file ke dalam drive, pastikan kinerjanya tidak lambat. Sebab, jika lambat, artinya ada masalah pada harddisk laptop tersebut.

Bagaimana kalau kondisi laptop tidak sesuai informasi yang diberikan seller? Kamu bisa menukar atau mengembalikan laptop kepada seller sesuai dengan kebijakan yang telah disepakati bersama. Maka, penting untuk memastikan di awal sebelum kredit laptop online bahwa jika barang tidak sesuai, kamu berhak menukar atau membatalkan kredit.

  1. Teliti soal masa pakai laptop

Bagi kamu yang tertarik kredit laptop murah bekas secara online, penting untuk meminta informasi detail perihal masa pakai laptop kepada seller di merchant online. Semakin lama masa pakai laptop, harganya tentu jadi lebih murah, namun risikonya lebih tinggi. Laptop yang memiliki masa pakai lebih dari 2 tahun, kemungkinan pernah mengalami kerusakan pada bagian-bagiannya. Selain itu, lewat dari 1 tahun, biasanya garansi laptop juga telah habis.

Supaya aman, kamu bisa cari seller atau merchant online yang menjual laptop bekas yang kamu mau dengan masa pakai di bawah 1 tahun. Harganya mungkin akan lebih tinggi, namun tentu sebanding dengan keamanannya mulai dari masih berlakunya garansi, hingga kualitas laptop yang lebih terjamin.

Beberapa penyelenggara kredit laptop mungkin menetapkan suku bunga yang berbeda antara laptop baru atau laptop bekas. Biasanya, suku bunga untuk laptop baru akan lebih tinggi dibanding laptop bekas. Kadang-kadang, kondisi ini memusingkan karena artinya, kamu harus membandingkan hitungan kredit laptop baru dan laptop bekas.

Dengan Kredivo, kamu nggak perlu lagi pusing dengan hitungan bunga yang berbeda-beda antara laptop baru atau laptop bekas. Sebab, Kredivo memiliki bunga yang sama baik untuk barang baru atau bekas, yaitu 2,95% dengan pilihan tenor 3, 6, dan 12 bulan. Setelah dibandingkan, bunga ini lebih rendah dari bunga yang ditawarkan perusahaan multifinansial lain di pasaran. Keuntungan lainnya, Kredivo tidak membebankan DP, biaya admin, atau biaya tahunan.

Kalau kamu merasa harga laptop bekas yang ingin kamu beli harganya tidak beda jauh dengan laptop baru, kamu tentunya lebih untung jika kredit laptop baru dengan Kredivo karena tidak ada perbedaan suku bunga.

Related Articles