Anggota DPR

Fadli Zon dan Segrombol Anggota DPR Kunker ke Timika

Jakarta – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon didampingi sebanyak 10 legislator lainnya melakukan kunjungan kerja di Timika, Kabupaten Mimika, Papua pada Kamis terkait pelaksanaan UU Otonomi Khusus.

“Otsus secara keseluruhan jadi semua terkait dengan pelaksanaan UU Otsus tetapi juga terkait dengan pengawasan di bidang-bidang yang lain termasuk dengan semua yang ada di Papua,” kata Fadli Zon yang juga sebagai ketua Tim Pengawas Pelaksanaan Otsus Papua, Aceh dan Yogyakarta.

Ia mengatakan kunjungannya ke Timika kali ini dalam rangka melihat situasi, menyerap aspirasi masyarakat juga termasuk memantau langsung kondisi di lapangan termasuk Freeport.

“Jadi bersama dengan anggota DPR yang kurang lebih 10 orang itu kami akan melihat situasi dan kondisi termasuk menyerap aspirasi masyarakat, masalah-masalah yang ada karena memang kami juga banyak menerima laporan, ada juga persoalan dengan tenaga kerja dan lain-lain,” tuturnya.

Ketika ditanya apakah kunjungan ke Tembagapura ada kaitannya dengan ribuan karyawan mogok Freeport, Fadli Zon mengatakan bahwa terkait hal tersebut pihaknya juga telah menerima laporan. Kehadirannya di area tambang milik Freeport tersebut kata politisi partai Gerindra tersebut untuk menyelesaikan masalah bukan untuk membuat masalah.

Selain itu ia berharap agar dengan kunjungannya tersebut mendapat banyak masukan-masukan dari semua pihak, sehingga ia bisa mengetahui jika muncul persoalan termasuk dapat memberikan interfensi dan kebijakan yang dibutuhkan.

Setelah beristirahat sejenak di Bandara Mozes Kilangin Timika, rombongan Wakil Ketua DPRD RI ini langsung berangkat menuju Tembagapura menggunakan bus. Sesuai dengan jadwal, di Tembagapura, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Presiden PT. Freeport Indonesia beserta jajarannya.

Sementara itu pertemuan bersama Bupati Mimika dan unsur muspida dijadwalkan akan dilaksanakan pada pukul 19.00 WIT di Timika.

Tags