Nasional

Ini Dia 4 Ciri-ciri Kopi Luwak Asli

Siapa tidka kenal kopi? Barang yang satu ini merupakan hasil perkebunan yang cukup menjanjikan untuk perekonomian tanah air. Bagaimana tidak, dari seluruh penghasil kopi di dunia, Indonesia menempati posisi kedua dengan jumlah produksi terbesar di bawah brazil. Itu artinya, kopi memiliki potensi yang sangat besar dan sangat menjanjikan untuk menunjang perekonomian di tanah air. Maka tak salah bila pemerintah mencanangkan beragam program untuk mengembangkan dan meningkatkan jumlah produksi kopi.

Dari beragam jenis kopi yang dihasilkan oleh perkebunan indonesia, salah satu yang paling terkenal adalah kopi luwak. Ketenaran kopi yang satu ini bahkan terkenal hingga mancanegara. banyak tokoh terkenal dunia pernah merasakan kenikmatan kopi luwak dan langsung jatuh hati. Pertanyaany, apakah kopi luwak yang benar-benar kopi luwak adalah yang dijual di pasaran dengan kemasan sachet secara instan? Jelas saja tidak. Kopi luwak asli tidak dijual dalam bentuk instan.

Apalagi dijual dengan harga seribu rupiah tiap sachet. Kopi luwak memiliki harga yang relatif mahal jika dibandingkan dengan kopi biasa (non luwak). Jika harga kopi biasa kualitas premium biasanya dijual perkilo seharga seratus ribu rupian. Maka kopi luwak 100 gram biasanya dijual dengan harga 100 hingga 200 ribu rupiah. Rentang perbedaan harga yang sangat jauh, karena itu tidak mungkin kopi luwak dijual dalam bentuk sachet seharga seribu rupiah.

Selain harga, lalu apa lagi yang bisa kita gunakan untuk membedakan mana kopi luwak asli dengan palsu. Mengingat di pasar ada banyak sekali pedagang nakal yang mengaku menjual kopi luwak. Berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengidentifikasi kopi luwak asli atau palsu:

  1. Bijinya agak kehijauan

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengidentifikasi apakah kopi tersebut kopi luwak atau tidak, bisa kamu nilai dari biji kopinya. Untuk biji kopi luwak asli warnanya agak kehijauan dengan bentuk yang seragam. Biasanya terlihat lebih kuat dengan kondisi ari yang masih berserah, ditambah belahanya lebih besar dibanding dengan biji kopi biasa. Kalau biji kopi biasanya lebih halus dibanding kopi luwak. Juga biji kopi biasanya warnya lebih putih atau kehitaman.

  1. Aromanya Lebih Wangi

Berikutnya kita juga bisa menilai apakah itu biji luwak atau tidak dari aromanya. Untuk biji kopi luwak biasanya memiliki aroma tersendiri. Kalau yang dimakan oleh luwak pandan, biasanya aromanya menyerupai daun pandan, dan kalau yang dimakan oleh luwak bulan, aromanya akan beda lagi.

  1. Aromanya lebih menyengat

Berbeda dengan aroma pada saat masih dalam bentuk biji, ketika sudah diproses untuk dijadikan kopi, aromanya juga beda lagi. Ketika kamu tuangkan air panas ke kopi luwak aromanya akan langsung memenuhi ruangan kamu. kamu langsung bisa merasakan kenikmatan kopi luwak dari aromanya.

  1. Busa berbeda

Ketika kamu seduh, kopi luwak juga memiliki busa yang berbeda dengan kopi biasa. Busa kopi luwak lebih banyak karena kopi luwak biasanya diproses masih ada sedikit kulit arinya. Kulit inilah yang akan menyebabkan kopi lebih berbusa.

Nah itulah beragam perbedaan kopi luwak dengan kopi biasa atau kopi reguler atau kopi non luwak. Jika kamu memang mengaku sebagai pecinta kopi, dan tidak mampu beli kopi luwak yang harganya mahal, cobalah beli kopi biasa dengan kualitas premium. Bukan kopi sachet.

Related Articles