Health

Cara Agar Anak Menjadi Lebih Mandiri

Salah satu kebiasan buruk dari seorang anak yang sering membuat ibunya jengkel adalah anak yang suka menempel kemanapun ibunya pergi. Apa yang menjadi keinginannya harus ibunya yang memenuhi, tidak mau dipenuhi oleh orang lain misalnya ayahnya. Mulai dari mandi, ingin minum susu, ingin sarapan, dan sampai ingin dikelonin pada saat akan tidur.

DIlansir dari popmama, semua hal itu terkadang membuat ibu merasa kerepotan dan kewalahan karena harus pontang panting sendiri untuk memenuhi keinginan anaknya itu. Hal ini tentunya dilakukan seorang ibu agar anaknya itu tidak rewel. Jika ibu ingin tidak terlalu kewalahan karena anak yang selalu nempel, maka kita akan memberi solusi cara membuat anak agar tidak selalu menempel pada ibunya.

Berikut 4 cara agar anak tidak selalu menempel pada ibunya sehingga ibu akan sedikit lega nantinya diantaranya yaitu :

  1. Menumbuhkan Keyakinan Pada Anak Dengan Menciptakan Interaksi

Ibu sebaiknya mencoba untuk membujuk anak agar mau berinteraksi dengan ayahnya. Sebagai contoh misalnya “Yuk bikin sarapannya sama ayah. Roti coklat buatan ayah lebih enak loh daripada buatan ibu”. Hal ini jika dilakukan nantinya akan memberi peluang untuk ayah jika ayah juga bisa melakukan hal yang biasa ibu lakukan.

  1. Memperlihatkan Rasa Percaya

Ibu harus percaya jika ayah juga bisa mengasuh anak dengan baik sama sepertinya. Dengan memperlihatkan rasa percaya ini maka akan mampu mengusir kegelisahan yang mungkin nanti akan muncul. Rasa kegelisahan dari seorang ibu akan bisa ditangkap oleh anak karena anak ini memiliki rasa kepekaan yang tinggi terhadap perasaan orang tuanya.

  1. Mendampingi Anak Pada Saat Sedang Beradaptasi

Jangan terlalu terburu buru memaksakan anak untuk langsung percaya dengan sosok pengasuh pengganti misalnya ayah, karena tumbuhnya rasa percaya itu butuh proses. Agar proses adaptasi anak dengan ayahnya lancar, maka sebaiknya ibu tetap mendampinginya ketika keduanya sedang terlibat dalam sebuah aktivitas.

  1. Tinggalkan Anak Secara Perlahan

Jika anak sudah terlihat mulai nyaman dengan ayahnya maka perlahan menjauhlah dari keduanya, dan tentu saja dengan meminta ijin kepada anak sehingga anak akan merasa tidak ditinggalkan begitu saja. Dan pada saat akan meninggalkannya itu jangan lupa memberikan penghargaan sederhana untuknya misalnya dengan mengatakan “Anak Pintar Ibu Tinggal Dulu Ya”.

Itulah 4 cara agar anak tidak selalu menempel pada ibunya sehingga ibu akan sedikit lega nantinya. Selain Ibu harus membujuk anak agar mau berinteraksi dengan ayahnya, tetapi ibu harus percaya jika ayah juga bisa mengasuh anak dengan baik sama sepertinya. Agar proses adaptasi anak dengan ayahnya lancar maka sebaiknya ibu tetap mendampinginya. Dan jika anak sudah terlihat mulai nyaman dengan ayahnya maka perlahan menjauhlah dari keduanya.

Related Articles