Sepakbola

Taklukkan Athletic Bilbao, Barca Melaju ke Final Liga Spanyol

Madrid – Barcelona mengambil langkah besar menuju gelar Liga Spanyol setelah mereka mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor 2-0 pada Minggu, sedangkan pesaing terdekatnya Atletico Madrid kalah 1-2 di markas Villarreal, untuk membuat klub Katalan itu memimpin 11 poin di puncak klasemen.

Cristiano Ronaldo mencetak empat gol ketika juara bertahan Real Madrid menghancurkan Girona dengan skor 6-3 pada laga yang berlangsung menghibur, dan membuat mereka mendekat empat poin dengan Atletico yang menghuni peringkat keempat.

Paco Alcacer mengisi posisi Luis Suarez yang sedang terkena skors di tim inti dan mencetak gol pertamanya dalam tiga bulan untuk membawa Barca memimpin pada menit kedelapan di Nou Camp, dengan meneruskan operan dari Jordi Alba.

Lionel Messi mencetak gol untuk pertandingan keenam secara beruntun di semua kompetisi, dan merupakan gol ke-25nya di liga musim ini ketika ia menggandakan keunggulan Barca pada menit ke-30 dengan sepakan keras menuju sudut bawah gawang dari tepi kotak penalti.

Penyerang Atletico Antoine Griezmann memenangi dan mengonversi penalti untuk membawa timnya memimpin di markas Villarreal pada menit ke-20.

Bagaimanapun, penyerang Turki Enes Unal menanduk bola untuk masuk ke dalam gawang dan menyamakan kedudukan pada menit ke-82 dan kemudian mencetak gol penentu kemenangan dari jarak dekat pada fase akhir pertandingan. Tim tamu harus kehilangan penyerang Vitolo beberapa saat kemudian karena mendorong penyerang Villarreal Nicola Sansone.

Barca memimpin klasemen dengan 75 poin di mana musim ini masih menyisakan sembilan pertandingan. Atletico menghuni peringkat kedua dengan 64 poin, sedangkan Real di peringkat ketiga dengan 60 poin. Valencia berada di peringkat keempat, sedangkan Villarreal naik melewati Sevilla menuju peringkat kelima setelah pasukan Vincenzo Montella takluk 1-2 di kandang Leganes.

Tim Katalan itu tampil beringas pada babak pertama dan berpeluang unggul dengan skor yang lebih besar menjelang turun minum ketika gelandang Brazil Philippe Coutinho memiliki dua peluang yang membentur mistar gawang dan upaya kompatriotnya Paulinho membentur tiang gawang.

Sang pemuncak klasemen menurunkan tempo pada babak kedua dan Athletic mampu memberikan perlawanan untuk pertama kalinya namun mereka jarang merepotkan kiper Marc-Andre ter Stegen.

“Kami mencetak dua gol pada babak pertama dan semestinya dapat menyudahi perlawanan mereka, kemudian pada babak kedua kami mengendukan injakan kepada pedal gas tanpa menyadarinya,” kata pelatih Barca Ernesto Valverde saat konferensi pers.

“Kedua babak itu sangat berbeda, mungkin terkondisikan oleh (babak) yang pertama. Tidak ada banyak peluang pada babak kedua, baik untuk kami atau mereka.” Atletico tidak mampu mengalahkan Villarreal baik pada laga kandang atau tandang sejak April 2015 dan beruntung dapat unggul terlebih dahulu dari eksekusi penalti setelah Griezmann terlihat begitu mudah terjatuh menyusul adangan dari Jaume Costa.

Pertahanan kendur Para pemain Villarreal mengelilingi wasit David Fernandez Borbalan setelah keputusan itu dan kembali menyuarakan kemarahan mereka kepada sang pengadil pada babak kedua, ketika ia menolak untuk memberikan penalti kepada mereka ketika Carlos Bacca terjatuh di kotak terlarang.

Tim tuan rumah terus menekan untuk menyamakan kedudukan dan pelatih Atletico Diego Simeone mengorbankan Griezmann untuk kapten Gabi dengan sepuluh menit tersisa untuk berusaha dan mempertahankan keunggulan, namun timnya justru kalah akibat pertahanan yang kendur.

“Tidak ada penjelasan untuk apa yang terjadi, kami tidak bertahan dengan baik dari dua situasi bola mati dan pada lain waktu kami harus lebih fokus,” kata gelandang Atletico Saul Niguez.

“Saya memiliki sensai bahwa saya membuat kami kalah pada pertandingan ini,” tambah Simeone.

“Para pemain melakukan upaya besar dan saya tidak dapat membantu mereka dengan keputusan-keputusan saya.” Ronaldo mencetak empat gol dalam satu pertandingan untuk pertama kalinya musim ini saat Real menang atas Girona.

Penyerang Portugal itu kini telah mengoleksi 22 gol di liga musim ini, hanya tertinggal tiga gol dari Messi. Ronaldo menggeser Luis Suarez di peringkat kedua dalam daftar pencetak gol terbanyak Liga Spanyol.

Related Articles