Maluku Utara

Bupati Halsel Terima Penghargaan Tingkat Internasional di Genewa

HALSEL – Terebosan dan inovasi Pemerintah Kabupaten Halmera Selatan (Halsel) dibawah kepemimpinan Bupati Bahrain Kasuba, dibidang pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), patut mendapat apresiasi. Betapa tidak, hasil terebosan di bidang teknologi informasi dengan melahirkan salah satu program sistem pelaporan yakni Laporan Cepat Kasus (Lacak) Malaria itu mampu membawah Kabupaten Halsel meraih penghargaan Internasional dari Badan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Penghargaan TIK dibidang kesehatan atas program Lacak Malaria itu diterima langsung Bupati Halsel Bahrain Kasuba di markas PBB di Genewa, pada Forum World Summit on the Information Society (WSIS) PBB, Selasa (22/3/2018) kemarin.

Kabag Humas dan Protokoler Setda Halsel, Mujibur Rahman menjelaskan, perlu diketahui sejak Bahrain Kasuba menjabat Bupati Halsel, salah satu fokus kebijakannya yakni pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diberbagai sektor seperti perencanaan berbasis elektronik, monitoring pembangunan berbasis elektronik, dan pelaporan pembangunan elektronik. Di bidang kesehatan, Bupati menginstruksikan Dinas Kesehatan melalui Malaria Center agar memanfaatkan TIK untuk percepatan eliminasi malaria sebelum 2023. Atas instruksi itu kemudian lahirlah Lacak Malaria.

Terkait penghargaan tersebut, Bupati Halsel Bahrain Kasuba, mengatakan, dirinya bersama masyarakat Halsel sangat merasa bangga karena bisa mendapatkan penghargaan tingkat dunia tersebut. “Semoga prestasi ini akan dipertahankan dan ditingkatkan lagi dengan pemanfaatan TIK dibidang lainnya”, harap Bupati

Pihaknya juga berharap kepada seluruh petugas kesehatan yang ada di Puskesmas, polindes dan Pustu di desa-desa agar selalu memberikan laporan secepat mungkin atas kasus malaria agar bisa secepatnya terdeteksi dan ditangani secepatnya. (***)

Related Articles