Maluku Utara

Soal Tujuh Ranperda, Begini Kata Ketua Bapemperda Halsel

HALSEL – Tujuh Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) usulan Pemda dan hak inisiatif DPRD Halsel yang diajukan baru-baru ini mulai memasuki pembahasan tahap kedua. Ditargetkan tujuh Ranperda tersebut rampung di pertengahan bulan April mendatang.

Ketua Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) Halmahera Selatan, Arsad Sadik Sangadji kepada deliknews.com Kamis (22/3) mengatakan, tujuh Ranperda yang merupakan usulan eksekutif dan inisiatif DPRD tersebut saat ini sudah memasuk pembahasan tahap kedua di tingkat Panitia Khusus (Pansus). “Jadi proses pembahasan tahap satu sudah dilewati termasuk sudah dilakukan paripurna persetujuan fraksi. Juga sudah dilakukan konsultasi ke Kementerian terkait melalui masing-masing Komisi di DPRD,”katanya.

Karena itu, tahap berikutnya yakni pembahasan ditingkat Pansus. Ada dua Pansus kata pria yang biasa di sapa Caken itu, yang akan melakukan pembahasan tujuh ranperda tersebut yakni Pansus A dan Pansus B.

Untuk Pansus A, ada empat Ranperda yang menjadi tanggungjawab untuk diselesaikan diantaranya Ranperda perubahan atas Perda no 7 tahun 2015 tentang tata cara pencalonan, pengangkatan dan pemberhentian kepala Desa, Ranperda tentang pengangkatan dan pemberhentian Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Ranperda tentang Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), dan Ranperda tentang Rencana Induk Parawisata Daerah (RIPDA).

Sedangkan untuk Pansus B menangani tiga Ranpeda diantaranya Ranperda tentang Retribusi perpanjangan izin memperkerjakan tenaga asing (imta), Ranperda tentang pengawasan bahan bakar dan Ranperda tentang Pagu Indikatif Kecamatan. “Pembahasan sudah dimulai kemarin melalui masing-masing Pansus,”ujarnya.

Berapa lama penyelesaian pembahasan tujuh Ranperda ini, Caken yang juga Kolano Waigitang itu mengaku tidak bisa memastikannya. “Kita tidak bisa pastikan, tapi yang jelas paling lambat itu pertengahan April sudah harus tuntas atau sudah harus diparipurnakan persetujuannya,”tandasnya. (***)

Related Articles