Maluku Utara

Pasokan Listrik Selama Ramadan dan Pilkada Dijamin Aman

HALSEL – PLN Rayon Bacan menjamin pasokan listrik di pulau Bacan selama ramadhan dan Pilgub tetap aman. Manager PLN Rayong Bacan, Muhammad Wardana dikonfirmasi, memastikan ketersediaan daya untuk melayani kebutuhan listrik di bulan ramadan dan pilkada mendatang tetap aman dan tidak ada masalah. Sebab kapasitas daya yang ada saat ini mengalami surplus sekitar 1,5 – 1,6 megawatt (MW) dari beban daya yang terpakai. “Dari kapasitas mesin yang ada, kita saat ini sudah surplus di kisaran 1,5 – 1,6 Megawatt,”jelasnya.

Olehnya itu, pihaknya menjamin tidak akan ada pemadaman akibat karena defesit daya sebab daya yang ada mampu memenuhi kebutuhan di saat beban puncak. Apalagi saat ini ada tambahan dua unit mesin yang sementara dilakukan uji coba.

Menurut dia, saat ini kapasitas daya yang ada yakni 6 MW, sedangkan untuk beban puncak terjadi pada kisaran daya di 4,4 – 4,5 MW. “Maka ada surplus sekitar 1,5 – 1,6 megawatt. Jadi posisi kelebihan daya saat ini mampu mencukupi kebutuhan listrik di bulan ramadan, lebaran dan Pilgub,”tandasnya.

Untuk saat ini lanjut Wardana, mesin yang dimiliki PLN Rayon Bacan berkapasitas 2 MW, ditambah mesin sewa berkapasitas 4 mw. Dengan ketersediaan daya listrik yang ada tersebut, maka pihaknya memastikan tidak akan ada pemadaman.

“Jadi kalau sampai padam, itu akibat karena gangguan jaringan bukan karena defisit daya. Dan sering terjadi gangguan itu di Pigaraja, Tabapoma dan Wayatim. Biasanya itu akibat jaringan listrik yang tertimpa pohon. Makanya kita sering turun lapangan untuk pangkas pohon-pohon yang mengenai jaringan listrik terutama yang ada di jalan,”pungkasnya. (***)

Related Articles