Perdagangan Saham

Perang Dagang AS tekan pasar Australia

Sidney – Pasar saham Australia turun tajam pada awal perdagangan Jumat, mengikuti tren global dalam menanggapi pengumuman pemerintah AS bahwa mereka akan memberlakukan berbagai tarif pada impor dari Tiongkok.

Pada pukul 10.45 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 101,90 poin atau 1,72 persen pada 5.835,30 poin, sementara indeks All Ordinaries yang lebih luas jatuh 101,00 poin atau 1,67 persen pada 5.942,20 poin.

“Saat ini para investor melakukan aksi jual murah dan itu tidak mengejutkan karena ketidakpastian yang dibuat dengan pengumuman Trump,” kepala analis pasar CMC Markets, Michael McCarthy mengatakan dalam catatan kepada para investor.

“Reaksinya cukup parah dan sepertinya masalah ini akan terus merusak pasar selama beberapa hari dan minggu mendatang.” Juga menambah kesengsaraan ASX adalah kemerosotan harga-harga komoditas, dengan sektor material jatuh 2,73 persen, karena para investor beralih ke aset-aset “safe haven” seperti emas dan obligasi.

“Tidak ada cara untuk mencirikan ini sebagai langkah yang baik, tapi pertanyaannya adalah seberapa buruknya itu?” kata McCarthy.

“Apakah ini salah satu, apakah ini taktik negosiasi atau apakah ini adalah awal dari perang perdagangan global yang akan merusak prospek pertumbuhan global untuk tahun-tahun mendatang?” Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia merosot dengan Commonwealth Bank turun 1,47 persen, Westpac Bank jatuh 1,66 persen, National Australia Bank melemah 1,32 persen dan ANZ turun 1,63 persen.

Saham-saham pertambangan anjlok, dengan BHP jatuh 3,65 persen, Rio Tinto merosot 4,31 persen, Fortescue Metals berkurang 3,34 persen dan Newcrest Mining melemah 0,25 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas juga di bawah tekanan, dengan Woodside Petroleum turun 1,50 persen, Santos merosot 1,66 persen dan Oil Search berkurang 1,59 persen.

Jaringan supermarket terbesar Australia tenggelam dengan Wesfarmers turun 1,29 persen dan Woolworth turun 1,12 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra melemah 0,61 persen, maskapai nasional Qantas turun 1,56 persen dan perusahaan biomedis CSL merosot 1,93 persen.

Related Articles