Maluku Utara

Kantongi Sertifikat Lahan, Graha Pemuda Halsel Siap Dibangun

HALSEL – Penantian panjang hadirnya graha Pemuda di Halmahera Selatan (Halsel) akhirnya terjawab. Ini menyusul setelah adanya keabsahan status kepemilikan lahan berupa sertifikat tanah untuk pembangunan gedung graha pemuda yang telah dikantongi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Halsel dibawah kepempinan Dahrun Kasuba.
Setelah adanya sertifikat tersebut maka gedung graha pemuda segera dibangun.

Ketua DPD KNPI Halsel, Dahrun Kasuba kepada wartawan, Selasa (27/3) mengatakan, KNPI Halsel telah mengantongi sertifikat lahan untuk pembangunan gedung graha pemuda tersebut. Lokasinya di Desa Panamboang Kecamatan Bacan Selatan diatas lahan dua hektar lebih. “Sertifikatnya sudah kita terima dari Pertanahan. Selanjutnya akan kita sampaikan ke Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam waktu dekat ini,”jelasnya.

Dikatakan, anggaran pembangunan graha Pemuda ini bersumber dari APBN melalui Kemenpora. Pihaknya telah menyampaikan proposal ke Kemenpora dan sudah mendapat respon. “Proposal kita sudah ajukan tinggal menunggu sertifikatnya. Setelah kita kantongi sertifikat ini maka semua persyaratan sudah lengkap, tinggal menunggu realisasi anggaran. Kita juga sudah beberapa kali ketemu dengan pak Menteri dan beliau siap merealisasikan jika sudah ada keabsahan kepemilikan lahan,”jelasnya.

Sesuai dengan usulan yang diajukan, pembangunan graha pemuda ini dianggarkan sebesar Rp2 miliar. “Insya Allah tahun ini direalisasikan sebab sudah ada kepastian dari pak Menteri. Bangunannya nanti dua lantai,”terang Sekteratis DPMD Halsel itu. Pembangunan graha Pemuda ini kata Dahrun, merupakan janjinya yang disampaikan pada saat pencalonan beberapa waktu lalu. “Ini sesuai dengan janji saya pada saat penyampaian visi misi beberapa waktu lalu,”tandasnya.

Pihaknya memastikan pembangunan graha pemuda ini mulai dilaksanakan tahun 2018 sesuai dengan hasil pembicaraan dengan Menpora. “Insya Allah kalau bangunan ini sudah jadi tentu ini yang pertama di Maluku Utara, bahkan di IndonesiaTimur. Pembangunan graha Pemuda ini sebelumnya juga pernah dijanjikan KNPI Halsel kepengerusan sebelumnya. Tapi Alhamdulillah KNPI di kepemimpinan saya baru insha Allah teralisasi,”tandasnya. (***)

Tags

Related Articles