Ekonomi & Bisnis

7 Daerah Penghasil Kopi Luwak Terbaik di Pulau Sumatera

Kopi lokal di Indonesia tak pernah kalah kualitasnya dari kopi berbagai negara di dunia. Terlebih kopi luwak. Kopi luwak asal Indonesia telah terkenal sampai mancanegara dan dihargai dengan nilai fantastis. Oleh karena itu, banyak sekali petani kopi mencoba untuk mencari peruntungan dalam bisnis ini. Salah satunya adalah di pulau sumatera.

Tentu, petani kopi luwak ini bukan hanya ada di sumatera. Karena harganya yang memang sangat menggiurkan, di beberapa wilayah sudah banyak sekali para petani kopi luwak. Nah, sebelum itu, Anda harus tahu dulu kota apa saja di Indonesia, khususnya Sumatera yang menghasilkan kopi termahal di dunia ini!

  1. Lampung

Provinsi Lampung sejak dulu dikenal sebagai kota yang menghasilkan kopi terbesar dan terbaik di Indonesa, khususnya daerah Liwa, Kabupaten Lampung Barat. Selain itu, masih ada daerah Danau Ranau yang juga memproduksi kopi luwak dengan kualitas terbaik di Indonesia.

  1. Lahat

Daerah Lahat yang ada di Sumatera Selatan adalah tempat selanjutnya yang menghasilkan kopi luwak terbaik di daerah Sumatera. Memasuki daerah ini saja Anda akan menjumpai seluruh area Lahat yang dipenuhi dengan perkebunan kopi yang pada zaman dulu merupakan penggerak perekonomian kota ini.

  1. Pagar Alam

Masih dari daerah Sumatera Selatan, selanjutnya ada Pagar Alam. Salah satu pusat kopi terkenalnya ada di kaki Gunung Dempo. Di lereng gunung ini, Anda akan menemukan perkebunan kopi sejauh mata memandang. Aroma khas kopi pun akan langsung menyerbu Anda ketika sampai di sini dengan luwak-luwaknya yang biasanya ada dalam penangkaran.

  1. Empat Lawang

Belum beranjak dari Sumatera Selatan, kali ini ada Empat Lawang. Kopi di daerah ini merupakan komoditi utama yang menjadi penggerak perekonomian warganya. Bahkan, pemerintahannya menjadikan kopi sebagai lampang kabupaten yang berbentuk sebagai latar belakang.

Di sini, Anda tak hanya akan menemukan kopi luwak, arabika ataupun robusta. Ada jenis kopi lain yang agak aneh yang bisa Anda jumpai. Kopi tersebut adalah persilangan dari kopi arabika dan robusta.

  1. Mandailing Natal

Berikutnya ada Mandailing Natal. Desa Pakantan, Mandailing Natal merupakan daerah di Indonesia yang menjadi tempat pertama kali ditanami kopi arabika. Di daerah ini, banyak sekali kebun kopi yang sudah berumur puluhan bahkan ratusan tahun yang berasal dari zaman kolonial.

Kopi luwak di sini, seperti kebanyakan daerah lainnya kini menggunakan luwak yang berasal dari penangkaran. Tapi, Anda tak perlu risau, rasa yang dihasilkan tetap terbaik karena diolah dengan sangat baik. Sebab itulah, harganya sangat mahal. Satu kilonya saja bisa dibanderol hampir satu jutaan.

  1. Sidikalang

Berikutnya, ada Sidikalang. Sidikalang merupakan ibukota Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Berada di ketinggi 1.066 mdpl membuatnya menjadi tempat yang sangat cocok ditumbuhi kopi dengan kualitas terbaik. Tak hanya kopi luwaknya saja yang berhasil menembus pasar dunia, melainkan kopi robusta dan kopi arabikanya juga.

Bahkan, kopi arabika dan kopi robusta dari daerah ini bisa menandingi kopi terbaik di dunia, sebut saja dari Brazil. Namun, tentu saja. Selain dua jenis kopi tersebut kopi luwaklah yang memiliki harga tertinggi dan terbaik.

  1. Takengon

Lalu, ada kopi dari Takengon. Daerah ini bisa dibilang sebagai tempat penyemaian pertama kopi di Pulau Sumatera. Kopi yang dihasilkan di sini sangat bagus karena tempatnya yang terdiri atas rangkaian bukit, tanah subur dan curah hujan yang sangat baik. Sebab itulah, semua jenis kopinya memiliki kualitas terbaik.

Beberapa tempat di atas memang menghasilkan kopi luwak terbaik di Pulau Sumatera. Kopi tersebut berhasil menembus pasar dunia dengan harga fantastis, satu kg-nya saja bisa satu juta. Ini jelas berbeda dengan kopi luwak yang dijual di pasar yang bisa Anda hargai dengan harga seribuan, kan?

Related Articles