Health

Ini Dia Cara Mengusir Rasa Ngantuk Secara Efektif

Tak sedikit dikalangan masyarakat kita yang harus melakukan aktivitas dimalam hari. Ya baik itu sekedar nongkrong, jalan-jalan, ronda, dan kerja lembur. Bagi yang sering beraktivitas dimalam hari, tentu saja mereka harus bisa menahan cuaca dingin dan rasa ngantuk.

Terutama bagi para karyawan yang bekerja lembur, dimana merekalah yang sering dihantui rasa ngantuk saat beraktivitas. Jika rasa ngantuk melanda, tentu saja aktivitas kita akan terganggu. Lantas, bagaimana cara menghilangkan ngantuk? Berikut makanan dan minuman yang dapat mengusir rasa ngantuk :

  1. Kopi Hitam

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa segelas kopi hitam ini sangat ampuh dalam mengusir rasa ngantuk. Itu sebabnya, mengapa kedai kopi selalu ramai ketika menjelang malam bahkan hingga tengah malam. Yang jadi pertanyaannya, mengapa kopi hitam bisa mengusir rasa ngantuk? Berdasarkan dari hasil penelitian, hal itu dikarenakan kopi mengandung zat kafein yang dapat merangsang sel syaraf. Disamping itu, zat kafein juga dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik lagi.

  1. Makanan-makanan Pedas

Jenis kuliner kedua yang sangat ampuh dalam mengusir rasa ngantuk, yakni makanan-makanan yang pedas. Sama halnya dengan efek pada segelas minuman kopi, makanan yang pedas juga akan memberikan efek yang dapat membangkitkan sel syaraf dan mood. Akan tetapi, kamu tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan, dikarenakan hal itu juga bisa merusak pencernaan dalam perut.

  1. Cokelat

Tak hanya kopi hitam, cokelat juga memiliki kandungan zat kafein yang cukup tinggi. Mengingat cokelat mengandung zat kafein yang cukup tinggi, maka tak heran jika camilan manis yang satu ini dapat membuat mata kamu menjadi melek.

  1. Makanan-makanan Asam

Jenis kuliner keempat yang sangat ampuh dalam mengusir rasa ngantuk, yakni makanan-makanan asam seperti manisan salak, manisan mangga muda, dan jenis manisan asam lainnya. Hal tersebut dikarenakan makanan-makanan asam tersebut kaya akan kandungan vitamin C, yang berperan sebagai penyupali energi bagi tubuh kita.

  1. Es krim

Dan jenis kuliner terakhir yang sangat ampuh dalam mengusir rasa ngantuk, yakni adalah es krim. Meski demikian, camilan yang manis dan lezat ini juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Musik Beat

Tips terakhir yang harus kamu coba untuk mengusis rasa ngantuk saat bekerja, yakni dengan mendengarkan musik nge-beat seperti dangdut koplo, ska, regae, dan sebagainya. Dengan music beat, selain musiknya yang membuat badan ikut bergoyang, biasanya kita pun ikut bernyanyi sehingga mengurangi rasa mengantuk.

Itulah 5 tips alami yang harus kamu coba dalam mengusir rasa ngantuk saat bekerja. Dengan demikian, kita menjadi lebih segar kembali dan siap beraktifitas.

Related Articles