Pilkada

Tri Rismaharini Bakal Keliling Jatim Menangkan Gus Ipul-Puti

Surabaya – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan kesiapannya berkeliling Jawa Timur untuk memenangkan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur yang merupakan cucu Presiden pertama RI Soekarno.

“Ini bentuk kesadaran saya sebagai warga Jatim yang menilai bahwa pasangan Gus Ipul dan Mbak Puti inilah yang terbaik bagi provinsi ini. Dapat dunia akhirat kalau mendukung Gus Ipul dan Mbak Puti,” kata Risma di Surabaya, Sabtu.

Wali Kota Surabaya dua periode itu bakal fokus berkeliling ke sejumlah daerah, di antaranya Trenggalek, Madiun, Pacitan, Sidoarjo, Kediri, Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Malang, Gresik, dan Nganjuk. Daerah itu dipilih untuk memperkuat posisi Gus Ipul-Puti yang sudah unggul di kawasan tersebut.

“Saya akan berkampanye total untuk Gus Ipul dan Mbak Puti. Tentu sebagai pejabat negara saya pasti menaati seluruh aturan KPU, termasuk soal cuti,” ujarnya.

Saat ditanya kapan bakal mulai berkeliling Jatim? Risma mengatakan saat ini masih digodok tim pemenangan Gus Ipul-Puti. “Ini bagian dari strategi, jadi ya agak rahasia dikit, tapi yang jelas tak lama lagi akan segera keliling,” ujar Risma.

Menurut Risma, program-program Gus Ipul dan Puti relevan dengan kebutuhan masyarakat Jatim, misalnya program menggratiskan kembali biaya pendidikan SMA/SMK yang kini dikelola pemerintah provinsi.

“Kan itu sesuai dengan kebutuhan kita semua. Seperti di Surabaya ini kan sekarang SMA/SMK kembali berbayar, nah Gus Ipul dan Mbak Puti akan menggratiskan kembali nantinya,” kata Risma.

Selain pendidikan gratis, lanjut dia, sejumlah program Gus Ipul-Puti yang relevan dengan problem masyarakat Jatim adalah pemberdayaan ekonomi perempuan dan peningkatan ekonomi kreatif.

“Program-program itu saya akan ikut sosialisasikan, keluar masuk pasar dan rumah warga. Karena pasangan ini benar-benar tepat biar Jatim makin baik,” katanya.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim yang akan dilaksanakan pada Juni 2018 diikuti dua pasangan calon yakni pasangan nomor satu Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak dan pasangan nomor dua Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno.

Pasangan Khofifah-Emil diusung gabungan Partai Demokrat, Partai Golkar, PPP, PAN, Partai NasDem dan Partai Hanura, sedangkan pasangan Gus Ipul-Mbak Puti diusung koalisi PKB, PDI Perjuangan, PKS dan Partai Gerindra.

Related Articles