Ekonomi & Bisnis

Harga Genset dan Jenis-jenisnya

Generator set atau genset bisa menjadi salah satu alternatif sebagai pembangkit listrik. Listrik dari genset bisa anda gunakan untuk berbagai hal. Mulai dari mengganti sumber listrik rumah saat listrik PLN padam, hingga menyalakan listrik untuk keperluan panggung pertunjukan. Genset sering digunakan untuk keperluan pembangkit listrik di tempat-tempat yang belum dijangkau PLN.

Genset sendiri memiliki banyak jenis sesuai dengan kebutuhan penggunaannya. Jika anda ingin membeli genset, jenis genset yang hendak anda beli bisa anda sesuaikan dengan keperluan anda.  Menyesuaikan jenis genset dan keperluan penggunaannya penting untuk memaksimalkan fungsi genset akan anda beli.

Genser memiliki harga yang bermacam-macam sesuai dengan jenisnya. Memaksimalkan pertimbangan membeli genset bisa membuat anda mengeluarkan butged minimum untuk hasil yang maksimal sesuai keperluan anda ketika membeli genset tersebut. Jangan sampai anda membeli genset yang begitu mahal, tapi penggunaannya sangat minim. Atau anda membeli genset dengan harga murah tapi ternyata tidak memenuhi kebutuhan anda. Jadi, sebelum anda membeli genset, pertimbangkan jenis genset beserta harganya.

Jenis-Jenis dan Harga Genset

Umumnya, harga genset tergantung dari daya listrik yang bisa dihasilkan. Jika anda memerlukan daya yang besar, mungkin anda harus mengeluarkan uang lebih banyak. Namun, jika anda membutuhkan daya yang lebih kecil, anda bisa membeli genset dengan harga yang relatif lebih murah.

  1. Genset 1000 Watt

Genset dengan electric start 1000 Watt umumnya bisa anda beli dengan biaya sekitar 2,2 juta hingga tiga jutaan. Harga masih dipengaruhi oleh merek, tipe, dan kualitas genset tersebut.

  1. Genset 2000 Watt

Genset dengan daya 2000 Watt umumnya memiliki harga 3,5 juta hingga 4,5 jutaan. Harga tergantung merek dan tipe yang akan anda beli.

  1. Genset 5000 Watt

Dengan tenaga yang lebih besar lagi, genset 5000 watt memiliki harga agak mahal yaitu sekitar 7,8 juta hingga 9,6 jutaan. Genset ini sebaiknya anda beli hanya jika benar-benar membutuhkan tenaga listrik yang begitu besar.

Jenis Genset Lainnya

Jenis genset sendiri bisa dibagi menjadi berbagai kelompok lain. Tergantung berdasarkan apa jenis genset tersebut kita lihat. Berikut kelompok jenis genset tersebut:

  1. jenis genset berdasarkan bahan bakar

Berdasarkan bahan bakar yang digunakan, genset bisa dibagi menjadi tiga. Melalui jenis ini kita bisa memperkirakan biaya bahan bakar yang diperlukan. Jenis genset berikut yang memiliki biaya bahan bakar termurah.

  • Genset gasoline atau bensin

Genset jenis ini menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Jenis bensin yang bisa digunakan beragam seperti yang dijual di berbagai pom bensin. Di Indonesia cukup mudah menemukan bahan bakar jenis bensin karena anda bisa menemukan pom bensin di berbagai tempat. Harganya juga relatif murah. Jadi, ini bisa menjadi pilihan jika anda ingin menghemat biaya bahan bakar dan mudah mencari bahan bakarnya.

  • Genset Solar atau Diesel

Selanjutnya adalah geset jenis solar atau diesel. Genset jenis ini umumnya memiliki peforma  yang bagus dan kuat. Untuk bahan bakar solar atau diesel sendiri relatif mudah anda temukan di Indonesia. Harga bahan bakar solar pun relatif murah. Jadi, menggunakan genset jenis ini bisa menjadi pilihan menghemat bahan bakar

  1. Jenis genset Berdasarkan Media pembawanya
  • Genset portable

Ini adalah jenis genset yang mudah untuk dibawa kemana-mana. Sangat cocok jika anda ingin menggunakan genset tersebut secara berpindah-pindah tempat.

  • Genset non-portable

Jenis ini tidak mudah untuk diindahkan. Cocok jika anda akan menggunakan genset pada satu tempat saja.

Itulah jenis dan harga genset yang bisa anda pertimbangkan sebelum membeli genset. Selamat berbelanja.

Related Articles