Jawa Timur

Bupati Ipong Ditenggarai Ikut Bermain di Mega Proyek Waduk Bendo

Ponorogo – Bupati Ponorogo Ipong Muchlisonni, ditenggarai ikut bermain dalam Mega proyek waduk Bendo.

Dugaan itu, menyusul belum terselesaikannya proses relokasi warga terdampak wilayah itu yang hingga kini masih terganjal sejumlah persoalan.

Banyak spekulasi yang muncul terkait Proyek bernilai Rp677 Miliar yang dikerjakan sejak 2013 silam itu. Sejumlah spekulasi yang beredar dikalangan media menyebutkan bahwasanya Bupati Ipong turut andil dalam sebuah konspirasi.

Ditemui Selasa (10/4) Ketua Gema Jokowi Jatim, Ari Suwari SH, mengatakan proses relokasi 90’an warga di daerah terdampak belum kelar, saat ini pihaknya terus melakukan pendampingan kepada warga terdampak untuk menyelesaikan hak warga. Katanya.

Dikatakan dia, Bupati Ipong adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam proses relokasi warga. Ini karena sebelumnya Pemkab yang sudah membuat kesepakatan dengan warga tidak menepati janji.

“Ya. Bupati harus bertanggung jawab. Pihak kami masih punya dugaan awal bahwa Bupati Ipong ikut bermain dalam proses ini” Ucapnya.

Kader PDI Perjuangan ini pun menenggarai, Bupati Ipong telah berkonspirasi untuk kepentingan ekonomi pribadinya.

Dilanjutkan dia, dari informasi warga, permintaan warga yang terdiri dari 16 item itu diajukan ke pemkab pada November 2013 lalu. Dan baru mendapat tanggapan dari pemkab pada Agustus 2015. Namun hingga kini nihil hasilnya.

16 Item ini juga belum dipenuhi Pemkab, Pemerintah pusat dan BBWS Bengawan Solo. Warga menginginkan tanah 17 hektar milik warga diganti dua kali lipat, namun belum dipenuhi.

Usai meminta pemerintah memenuhi hak warga. Warga setempat pun merasa dibohongi Pemkab, lantaran usai banjir rumah-rumah warga dibongkar paksa oleh Satpol PP Kabupaten Ponorogo.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan Bupati Ipong masih sulit dikonfirmasi mengenai perihal ini.

(cr3)

Tags

Related Articles