Health

Cara Memilih Softlens yang Sehat dan Aman untuk Mata Anda

Ketika seseorang memiliki masalah dengan penglihatannya, misalnya adalah mengalami rabun jarak jauh maka mau tak mau kacamata menjadi teman mereka dalam menjalankan berbagai kegiatan sehari-hari. Hanya saja ada kalanya seseorang merasa kurang percaya diri ketika menggunakan kacamata ini, juga rasa yang kurang nyaman dengan ukurannya yang terlalu besar dan berat digunakan sehingga jika tidak terbiasa tentunya akan menjadi penyebab kepada menjadi pusing, sebagai salah satu solusinya maka dibuatlah softlens atau yang dikenal juga dengan lensa kontak.

Tentunya banyak yang sudah kenal dengan benda yang satu ini, sarana yang fungsinya sama dengan kacamata, dibekali dengan lensa yang memiliki bentuk dan ukuran berbeda-beda dengan fungsi untuk membantu penglihatan jadi lebih baik, khususnya bagi beberapa kalangan yang memang memiliki masalah dengan mata mereka, misalnya adalah rabun jarak jauh maupun jarak dekat. Namun belakangan ini lensa kontak memang tak sekedar dipakai untuk membantu penglihatan saja, melainkan juga fungsi lain seperti memperindah penampilan.

Bagaimanapun ada banyak sekali pilihan warna iris yang biasanya dipakai untuk tampil berbeda layaknya idola mereka, juga dapat membantu look mata sipit terkesan jadi jauh lebih lebar dari sebelumnya. Ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan dalam pemakaian softlens ini, hanya juga harus hati-hati, karena kesalahan pemilihan bisa memicu masalah pada mata Anda, dalam beberapa kondisi bisa menyebabkan iritasi, bahkan yang paling parah adalah dapat memicu kebutaan.

Jadi berikut ini beberapa tips bagi Anda yang ingin membeli lensa kontak tersebut agar tak salah pilih, diantaranya adalah:

  1. Pertimbangkan terlebih dahulu ukuran minus atau rabun jauh dari mata Anda, jika tujuan membeli lensa kontak ini adalah untuk membantu penglihatan agar lebih baik, maka dianjurkan untuk mempertimbangkan jenis rabun yang diderita, sesuaikan dengan kebutuhan Anda, sehingga nantinya tidak memberikan hasil optimal sesuai dengan kebutuhan.
  2. Belilah dari optik, lebih aman memang langsung membelinya dari optik, bukan tanpa alasan, melainkan produk yang dijual sudah menjamin kualitas dan juga jaminan keamanan, jadi tidak perlu takut akan mengalami masalah ketika pemakaiannya. Sebaliknya hindari membeli lensa kontak di sembarangan tempat, takutnya tidak memiliki jaminan keamanan dan sterilitasnya.
  3. Pilah-pilih warna yang tepat, banyak diantara masyarakat yang menggunakan lensa kontak dengan tujuan mempercantik penampilan, sehingga pilihan warna jadi sangat penting bagi mereka. Namun untuk pemula sebenarnya lebih dianjurkan memilih yang warnanya bisa-biasa saja, tidak terlalu aneh-aneh, karena ini jauh lebih nyaman dibandingkan dengan warna-warna lainnya.
  4. Diameter sebaiknya sesuai dengan mata Anda, pemilihan ukuran atau diameter dari mata ini akan lebih baik menyesuaikan dengan kondisi mata Anda yang sebenarnya, sehingga menjamin kenyamanan ketika menggunakan. Ukuran yang lebar memang bisa membuat tampilan mata yang lebih cantik, namun juga meninggalkan kesan yang kurang nyaman.
  5. Pilihlah yang kadar airnya tinggi, hal ini juga tak kalah penting, bagaimanapun semakin tinggi kadar airnya akan terasa begitu nyaman dipakai, tidak akan memberikan efek seperti mata memerah, kering atau bahkan gatal.
  6. Pertimbangkan juga lensa kontak yang dibekali dengan teknologi terbaru, misalnya adalah UV blocking yang dapat mencegah sinar UV masuk kedalam mata, sehingga membuat mata juga jadi lebih sehat

Harga softlens ini sendiri cukup bervariasi, mulai dari puluhan ribu rupiah sampai dengan ratusan ribu rupiah.

Related Articles