Papua

Jalan sehat di Papua Ricuh, Hadiah Kosong Peserta Bakar Fasilitas

Jayapura – Peserta jalan santai dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pegunungan Bintang ke-15, di Oksibil, Papua, Kamis pagi, sekitar pukul 09.00 WIT membakar panggung beserta fasilitas yang ada karena kecewa terhadap panitia.

“Memang betul, ada aksi pembakaran panggung. Namun itu dilakukan sebagai bentuk kekecewaan terhadap panitia pelaksana yang tidak menyediakan hadiah seperti yang dijanjikan,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Kamal kepada Antara, di Jayapura.

Ia mengatakan, awalnya jalan santai yang diikuti sekitar lima ribu orang itu dan dihadiri Wakil Bupati Decky Deal dan Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Michael berlangsung aman, namun beberapa saat setibanya di finish ternyata hadiah tidak ada sehingga massa kecewa dan melakukan pembakaran.

Panggung beserta fasilitas yang ada dibakar massa yang kecewa dan meminta agar bupati hadir di tengah tengah masyarakat.

Saat ini, situasi kamtibmas secara keseluruhan di Oksibil, aman dan terkendali, namun rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Kabupaten Pegbin itu dihentikan, kata Kombes Kamal.

Ketika ditanya, apakah sudah ada yang ditahan terkait aksi tersebut, Kabid Humas Polda Papua mengatakan, sampai saat ini belum ada yang ditahan karena anggota masih berupaya menenangkan massa.

Selain itu, anggota masih mengumpulkan data dan keterangan saksi serta terpenting saat ini, situasi di Oksibil dan sekitarnya kondusif, kata Kombes Kamal.

HUT Kabupaten Pegunungan Bintang pada tanggal 12 April dan merupakan pecahan dari Kabupaten Jayawijaya.