Jawa Timur

Benarkah, Soekarwo Gubernur Jatim Diincar KPK ?

Surabaya – Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dikabarkan sedang diincar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan suap APBD Jawa Timur.

Informasi yang beredar dikalangan wartawan itu menyebutkan, Pakde karwo sapaan akrab Gubernur jatim diduga memiliki keterlibatan dalam kasus suap yang sudah memakan korban yakni Anggota DPRD Jatim dan sejumlah pejabat pemprov Jatim.

Sebagaimana diketahui, ketua Komisi B DPRD Jatim Basuki yang diciduk KPK menerima suap dari 4 Kepala Dinas untuk mengamankan APBD. Dari penyelidikan KPK diketahui 4 pejabat itu memberikan dana Rp600 juta setiap triwulan.

Adapun OTT yang dilakukan KPK lalu, menyangkut komitmen penyetoran dalam rangka pengawasan penggunaan anggaran. Kasus ini juga berkaitan dengan uang komitmen untuk memuluskan revisi peraturan daerah.

Peraturan daerah sendiri berujung pada kebijakan Gubernur Jawa Timur. Ditenggarai sejumlah pejabat yang diciduk KPK hanyalah korban dari kebijakan pimpinan.

Sementara itu, mengenai kebenaran informasi ini belum dapat dipastikan. Salah orang internal di KPK saat dikonfirmasi menyebutkan Jawa Timur menjadi atensi khusus lembaga anti rasuah.

“Ya, Wilayah jatim memang jadi atensi khusus”Singkat orang internal KPK, dikonfirmasi, Sabtu (14/4).

Hingga berita ini diturunkan belum ada satupun pejabat Pemprov Jatim yang dapat dikonfirmasi. Wartawan yang beberapa kali mengontak Gubernur Jatim juga belum ada jawaban.

Related Articles