Maluku Utara

Tidore minta Merdeka

Ternate – Kota Kepulauan Tidore Provinsi Maluku Utara, bakal merdeka. kota bekas ibukota propinsi Irian jaya itu ingin menjadi daerah khusus, sama halnya dengan DIY atau Nanggroh Aceh.

Sejauh ini, langkah itu tengah di godok parah tokoh daerah itu untuk meminta Presiden Joko Widodo menjadikan Otonomi khusus.

Keinginan Adanya Otonomi Khusus bukan hal baru, lantaran daerah itu sejak beberapa tahub lalu telah meminta kepada Presiden.

Hal itu kembali mengemuka setelah Sultan Tidore, Husen Sjah bertemu Rizal Ramli di Ternate.

Rizal Ramli dalam kesempatan Rabu lalu, mendorong keinginan sultan agar Tidore menjadi daerah Otonomi Khusus dan Daerah Istimewa, seperti halnya Jogjakarta dan Aceh, mengingat peran penting dan jasa besar Tidore serta jasa para sultannya yang memutuskan bergabung ke dalam NKRI pada saat kolonialis Belanda melakukan tekanan ingin menjadikan bagian dari N.I.T (Negara Indonesia Timur). Selain itu, Tidore juga berjasa besar dalam perjuangan diplomasi merebut Irian Barat dari Belanda.

“Saya akan memperjuangkan hal itu, dan pada saatnya saya akan kenalkan istilah Tidore Inisiative yang dampaknya sangat luar biasa antara lain dalam mendorong Timur Indonesia bergabung ke dalam NKRI,” papar pria yang akrab disapa RR itu.

(cr8)

Tags

Related Articles