Surabaya

DPT Surabaya berkurang 6.000 pemilih

Surabaya – Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Surabaya pada Pilkada Jawa Timur 2018 mengalami penurunan sekitar 6.000 pemilih dibanding saat Pilkada Surabaya 2015.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Nur Syamsi, di Surabaya, Selasa, mengatakan saat ini total DPT Surabaya pada Pilkada Jatim 2018 sekitar 2.006.661 pemilih yang tersebar di 4.284 TPS dan 154 kelurahan.

“Jumlah DPT itu menunjukkan adanya penurunan jika dibandingkan jumlah DPT pada Pilkada Surabaya 2015,” katanya lagi.

Menurut dia, penurunan DPT tersebut menunjukkan bahwa sistem pendataan pemilih yang dimiliki oleh KPU RI saat ini telah berjalan dengan baik.

“Ini bukan negatif, tapi validasi yang dilakukan dengan sistem sekarang telah berjalan dengan sangat baik,” katanya pula.

Ia mengatakan melalui sistem baru data pemilih ganda di DPT sudah dihilangkan, pemilih yang telah meninggal dunia juga sudah hilang. Begitu juga yang kini berstatus TNI/Polri aktif.

Pihaknya saat ini terus mengoptimalkan sosialisasi tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 kepada warga Kota Pahlawan ini, dengan menggelar serangkaian kegiatan menarik, salah satunya kegiatan seni dan budaya.

“Salah satunya, kami menggelar pentas kesenian ludruk di kantor KPU Surabaya pada Sabtu (21/4) malam,” katanya lagi.

Menurut dia, pentas kesenian ludruk tersebut disaksikan para penyelenggara pemilu dari tingkat kecamatan dan kelurahan di Surabaya dan juga warga setempat.

Related Articles