Ramadhan

Ini Dia 4 Tips Yang Harus Kamu Lakukan Agar Tekanan Darah Tetap Normal

Tak sedikit dari kita yang mempertanyakan akan tekanan darah dalam tubuh, apakah termasuk tekanan darah normall atau tidak. Ya, pertanyaan tersebut sering kita lontarkan setelah habis tensi. Apalagi bagi orang yang sama sekali belum pernah melakukan tensi, dimana merekalah yang paling penasaran dengan hal tersebut.

Menurut kabar yang beredar, tekanan darah sistolik normal pada orang dewasa itu sekitar 120 mmHg. Apabila angkanya menunjukan 129 – 130 mmHg, maka tekanan darah kamu lebih tinggi dari biasanya. Sedangkan tekanan darah diastolik merupakan tekanan pada arteri saat jantung sedang dalam keadaan istirahat.

Tekanan darah diastolik itu sendiri berkisar di angka 80 – 90 mmHg, namun bisa dikatakan lebih tinggi dari ukuran ideal. Lantas, bagaimana caranya agar tekanan darah kita tetap normal? Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah 4 tips untuk menjaga tekanan darah tetap normal :

  1. Berolahraga Secara Rutin dan Teratur

Tips pertama yang harus kamu lakukan untuk menjaga tekanan darah tetap normal, yakni dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Berdasarkan dari hasil penilitan, aktivitas olahraga ini dapat membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis serta dapat memperkuat otot jantung. Disamping itu, aktivitas olahraga ini juga dapat menjaga berat badan agar tetap ideal. Adapun mengenai beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan seperti bersepeda, berenang, jalan santai, jogging, senam, dan sebagainya.

  1. Mengonsumsi Makanan Yang Sehat

Tips kedua yang harus kamu lakukan untuk menjaga tekanan darah tetap normal, yakni dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran hijau, daging ikan, makanan olahan susu, yoghurt, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sebagainya.

  1. Kurangi Porsi Makanan Yang Berlemak

Tips ketiga yang harus kamu lakukan untuk menjaga tekanan darah tetap normal, yakni dengan mengurasi porsi makanan yang berlemak. Ya, makanan-makanan berlemak tersebut seperti daging hewan, bakso, gorengan, dan sebagainya. Selain harus mengurangi porsi makanan berlemak, kamu juga jangan terlalu sering memakan makanan yang terlalu gurih.

  1. Hindari Konsumsi Akohol dan Rokok

Tips terakhir yang harus kamu lakukan untuk menjaga tekanan darah tetap normal, yakni dengan jangan mengonsumsi alkohol serta merokok.

Itulah 4 tips yang harus kamu lakukan untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal. Akhir kata cukup sekian, dan jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup yang sehat.