Sulawesi Utara

Pengusaha Malut diminta Kreatif

Ternate – Perwakilan Bank Indonesia (BI) Maluku Utara (Malut) meminta agar pemerintah dan pelaku ekonomi Industri Kecil Menengah (IKM) agar kreatif dan bersinergi dalam mengemmbangkan usaha, guna meningkatkan aktivitas perekonomian di daerah ini.

“Memang, ada industri kreatif Malut mulai dilirik oleh mancanegara dan hal ini dibuktikan dengan, sudah dari beberapa produk pelaku IKM yang dikirim keluar negeri, sehingga menjadi peekembangan yang baik bagi usaha kreatif di Malut,” kata Kepala Perwajilan Bank Indonesia (BI) Malut, Dwi Tugas Waluyanto di Ternate, Senin.

Dia mengatakan, untuk produk para pelaku IKM tentu saja bisa melakukan ekspor produknya ke luar negeri, yang penting harus dipastikan produk mereka memang diperlukan di negara tujuan ekspor.

Dia menambahkan, saat ini ada produk memenuhi standard ekspor dan pemerintah dan pihak-pihak yangg concern pada IKM harus meningkatkan kualitas produk IKM misalnya industri ikan asap, harus dipastikan agar proses pengasapannya bagus agar ikan asap tersebut tahan dalam waktu yg lama.

Selain itu, masalah prosedur ekspor yang banyak belum diketahui oleh para pelaku IKM, jadi yang perlu dilakukan adalah membenahi dari hulu sampai hilir dan mulai dari produksi, packaging dan pemasaran/ekspor.

Apalagi saat ini, seperti produk ikan, sangat diminati negara-negara yang lain seperti Jepang, Korea dan negara-negara arab seperti Uni Emirat Arab.

Dwi berharap, agar masalah continuitas terus ditingkatkan, karena sering menjadi kendala, apalagi negara-negara seperti yang disebutkan memang sangat berminat dwngan produk olahan ikan dari Malut, sehingga continuitas dapat diatasi jika mereka melakukan permintaan yang banyak, sehingga pelaku IKM dapat memenuhi standar dan mutu permintaan.

Oleh karena itu, bagi pelaku usaha diharapkan untuk selalu meningkatan kualitas produk dan meningkatkan kreativitas dan inovasi.

Sedangkan, untuk pemerintah jangan lagi menonjolkan ego sektoral, karena koordinasi dan sinergi merupakan kata kunci suksesnya pemberdayan ekonomi masyarakat, sehingga produk-produk yang berkualitas di Malut ini dapat dijual di pasaran Asia, bahkan dunia.

Related Articles