Sulawesi Utara

Minahasa pastikan stok pangan cukup

Minahasa – Dinas Pangan Pemerintah Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara memastikan ketersediaan pangan menjelang Bulan Puasa tercukupi.

“Kami pastikan ketersediaan pangan tercukupi menjelang Bulan Puasa, upaya yang dilakukan untuk menjaga agar stok aman yakni dengan mengawasi langsung di pasar,” ungkap Kepala Dinas Pangan Minahasa Wenny Talumewo di Minahasa, Sabtu.

Mendekati pelaksanaan ibadah puasa umat Muslim, Dinas Pangan rutin melakukan pengawasan dalam penyaluran bahan pokok di pasar-pasar Minahasa.

“Sudah kami turunkan tim untuk memantau dan mengawasi penyaluran bahan pokok/pangan di seluruh pasar di Minahasa dan itu rutin dilaksanakan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perdagangan Minahasa Moudy Lontaan mengatakan pihaknya terus mengawasi harga pangan pada setiap komoditas yang ada di pasar, sehingga tidak ada permainan harga dari kartel atau pemasok.

“Salah satu upaya yang kami lakukan yakni memantau pergerakan harga pangan di pasar, agar tidak ada kelompok yang dengan sengaja menaikkan harga atas kemauan sendiri,” ungkapnya.

Ia mengatakan tidak ada pedagang yang dengan sengaja melakukan penimbunan bahan pokok karena hal itu dapat berpengaruh pada kelangkaan bahan dan terjadi lonjakan harga.

“Kami sangat berharap jangan ada pedagang atau sekelompok orang yang sengaja menimbun bahan pokok sehingga menimbulkan kelangkaan dan berakibat pada lonjakan harga,” kata Moudy.

Pihaknya akan bekerja sama dengan kepolisian untuk menjaga agar harga bahan pokok di pasaran tidak ada permainan dari sekelompok orang.

“Dari tahun ke tahun kami bersinergi dengan pihak kepolisian untuk memantau harga bahan pokok di pasar, sehingga tidak ada permainan harga dari pedagang,” tuturnya.

Related Articles