Ramadhan

Inilah 3 Hidangan Yang Tepat Untuk Menu Sahur Anda

Bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia ini akan tiba dalam hitungan hari saja. Ya, bulan tersebut adalah bulan Ramadhan yang merupakan bulan yang penuh berkah dan penuh ampunan. Dengan demikian, maka tak heran jika seluruh umat Muslim akan menyambut kedatangan bulan Ramadhan dengan penuh sukacita. Sebelum menjalani ibadah shaum alias puasa, tentunya kita harus bangun pada pukul 3 pagi untuk menyantap makan sahur. Namun yang jadi masalahnya, terkadang kita kebingungan dalam menyiapkan hidangan untuk menu sahurnya. Lantas, hidangan apa sajakah yang tepat untuk menu sahur sehat? Nah, biar anda tidak bingung lagi, berikut di bawah ini ada 3 hidangan yang tepat untuk menu makan sahur :

1. Sayur Asem

Hidangan pertama yang tepat untuk dijadikan menu makan sahur adalah sayur asem. Sayur yang satu ini terdiri dari aneka macam sayuran seperti jagung manis, buncis, kol, kacang tanah, biji melinjo, tomat, labu siam, dan masih banyak lagi. Mengingat bahan-bahanya yang seperti itu, tentu saja sayur asem ini sangat kaya akan kandungan vitamin dan protein yang bagus untuk kondisi tubuh anda. Nah, kandungan vitamin dan protein tersebutlah yang akan membuat tubuh anda tetap fit saat menjalankan ibadah puasanya.

2. Sayur Lodeh

Dari segi tekstur dan rasanya, sayur lodeh ini memang tidak berbeda jauh dengan sayur asem. Begitupun dengan manfaatnya, dimana sayur lodeh juga memiliki peranan penting dalam menjaga stamina tubuh anda selama menjalankan ibadah puasa. Namun yang membedakan dari kedua sayur ini ada pada bagian warna kuahnya, serta pada aneka sayurannya dimana sayur lodeh jauh lebih lengkap lagi.

3. Buah-buahan

Hidangan berikutnya yang harus ada pada menu makan sahur anda adalah buah-buahan seperti buah pisang, buah alpukat, buah pepaya, buah kurma, dan sebagainya. Dengan mengonsumsi jenis buah-buahan tersebut, maka stamina tubuh anda akan tetap stabil selama menjalankan ibadah puasanya. Disarankan untuk tidak mengonsumsi buah yang tinggi zat asamnya seperti buah jeruk, buah belimbing, dan sebagainya. Pasalnya, zat asam tersebut akan membuat anda menjadi sakit perut lho.

Itulah 3 jenis hidangan yang tepat untuk menu makan sahur anda. Akhir kata cukup sekian, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi kesehatan tubuh selama berpuasa.