Surabaya

Teroris berencana Ledakkan Surabaya Lagi, Tapi digagalkan Densus

Surabaya – Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri melakukan tujuh penindakan terhadap terduga teroris di Surabaya dan Sidoarjo, Senin.

“Dari tujuh ini mereka sudah merencanakan penyerangan terhadap beberapa sasaran yang digagalkan,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera di Mapolda Jatim di Surabaya, Senin sore.

Barung mengatakan penindakan itu dilakukan di Sukodono, Sidoarjo dan di Jembatan Merah, Surabaya.

Namun, Barung enggan membuka lebih lanjut tempat sasaran saja yang digagalkan itu karena akan menimbulkan dampak psikologi nantinya.

“Ketujuh orang ini ditindak mulai subuh tadi. Ada yang ditembak mati dikarenakan yang bersangkutan sesuai fakta di lapangan melawan anggota dengan apa yang dimilikinya,” ujarnya.

Tim Laboratorium Forensik Polda Jawa Timur hingga saat ini masih menyelidiki kandungan yang dibawa oleh terduga teroris yang ditembak mati itu.

Pihak Labfor juga, tambah dia, secara simultan Operasi Polri bekerja. Penangkapan tadi malam dan hari ini adalah untuk mengantisipasi terjadinya teror.

Dari ketujuh orang itu, dua dilumpuhkan atau ditembak mati. Lima juga ditangkap. Di Surabaya ada tiga. Di Sidoarjo ada empat. Di Sidoarjo meninggal dua dan ditangkap dua,” tuturnya.

Barung berjanji akan menyampaikan lebih lengkap nantinya karena saat ini masih melakukan pendalaman.

Related Articles