Health

Ini Dia Beberapa Penyakit Yang Dapat Dihindari Dengan Melakukan Puasa

Memiliki tubuh yang sehat merupakan nikmat yang tidak akan pernah ternilai harganya dengan harta benda sekalipun. Sebenarnya untuk menjaga tubuh tetap sehat itu adalah hanya dengan memberikan kesempatan kepada tubuh untuk beristirahat. Melakukan ibadah puasa yang mengharuskan seseorang yang menjalannkannya untuk tidak makan dan minum serta tidak melakukan perbuatan lain yang dapat membatalkan puasa dari mulai terbitnya fajar hingga matahari terbenam, adalah salah satu cara yang tepat agar tubuh tetap sehat baik jasmani atau rohani.

Ada banyak manfaat puasa bagi kesehatan tubuh karena melakukan puasa ini dapat menghindarkan diri dari berbagai penyakit. Berikut beberapa penyakit yang dapat dihindari dengan melakukan puasa diantaranya yaitu :

  1. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung Dan Pembuluh Darah

Salah satu penyakit yang paling ditakuti banyak orang adalah sakit jantung karena penyakit ini akan mematikan. Ketika melakukan puasa akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh karena saat berpuasa tubuh ini akan melakukan peningkatan HDL dan akan menurunkan LDL. Dimana hal ini merupakan hal yang sehat bagi jantung dan juga pembuluh darah.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Kronis

Saat berpuasa kita tidak hanya diwajibkan untuk menahan lapar dan haus saja tetapi kita juga diharuskan menahan amarah. Sehingga hal ini akan membuat psikologis seseorang akan menjadi lebih tenang dan secara ilmiah kadar adrenalin didalam tubuh akan menurun. Adrenalin yang minim ini akan berdampak baik bagi kesehatan misalnya dapat mencegah terbentuknya kolesterol dan akan lebih baiknya kontraksi empedu sehingga akan dapat mengurangi dari terserangnya penyakit kronis.

  1. Dapat Menjaga Kesehatan Ginjal

Fungsi dari ginjal ini adalah untuk menyaring zat yang berbahaya dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, ginjal akan semakin sehat ketika melakukan puasa. Hal ini dikarenakan fungsi ginjal ini akan maksimal jika kekuatan osmosis urinnya mencapai 1000 hingga 12.000 ml  osmosis/kg air. Dengan melakukan puasa ini maka maka asupan air akan berkurang.

  1. Dapat Mencegah Diabetes

Kadar gula dan kolesterol yang tinggi akan menyebabkan penyakit diabetes. Dengan melakukan puasa maka akan berkurangnya mengkonsumsi gula dan makanan berlemak sehingga akan berdampak baik untuk mengembalikan keseimbangan kadar gula dan kolesterol tersebut.

Itulah beberapa penyakit yang dapat dihindari dengan melakukan puasa. Berbagai penyakit ternyata dapat dicegah dengan melakukan puasa. Dengan melakukan puasa ini selain tubuh akan menjadi lebih sehat tetapi juga akan mendapatkan pahala.

Related Articles